Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, June 4, 2016

Lamunan Pekan Biasa X

Minggu, 5 Juni 2016

Lukas 7:11-17

7:11. Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong.
7:12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.
7:13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!"
7:14 Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!"
7:15 Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.
7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."
7:17 Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sudah sejak zaman purba agama memperhatikan kaum papa dan menderita. Para umat agama yang tekun beragama akan menyisihkan dari penghasilannya untuk berdana bagi yang papa dan menderita.
  • Tampaknya, pada zaman kini gerakan-gerakan sosial dan lembaga-lembaga bukan agama juga menyisihkan budget untuk kepentingan sosial. Bahkan perusahaan-perusahaan dalam lingkungan bisnis juga punya pos keuangan untuk CSR (Corporate Social Responsibility).
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sebesar apapun dana uang dimiliki, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin itu semua bukanlah kekuatan utama untuk kepentingan perhatian sosial, karena yang paling pokok adalah hati tergerak untuk memahami dan membebaskan derita yang dialami. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menyadari bahwa perhatian sosial bukan terutama sebuah gerakan organisasi tetapi gerakan hati.
Ah,pada jaman kini uang akan dapat mengatasi segalanya.

2 comments:

Unknown said...

Hallo Romo. Saya boleh tau no telp Domus Pacis? Saya ingin menghubungi Romo Harto. Saya sudah 2tahun lebih tidak jumpa. Adit dan Yola dari Ambon

Domus Pacis Puren said...

Langsung aja telepon ke Rm. Harto HP no. 081804047447

Post a Comment