Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, June 16, 2016

Lamunan Pekan Biasa XI

Jumat, 17 Juni 2016

Matius 6:19-23

6:19. "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.
6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.
6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.
6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;
6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang biasa menghubungkan kata harta dengan kekayaan duniawi. Dengan kata harta orang dapat membayangkan uang, rumah dan benda-benda lain.
  • Tampaknya, untuk menjamin kehidupan kini dan ke depan orang akan berjuang bekerja untuk mengumpulkan harta. Apalagi dalam hal uang kalau orang memiliki persediaan banyak dia akan mudah memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sebanyak apapun harta kekayaan seperti uang, tanah, rumah dan barang benda amat mahal lain, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin akan sadar bahwa kesemua itu bukanlah harta utama yang tak lain dan tak bukan adalah sikap baik, benar dan luhur yang tanpanya dapat membuat segala kepemilikan duniawi musna tanpa makna dan hidup pun terpuruk tanpa kehormatan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjaga dan memupuk sikap baik, benar dan luhur yang menjadi daya hebat menumbuh kembangkan hidup duniawi yang bermakna dan berguna.
Ah, kalau mampu punya simpanan uang sebanyak-banyaknya hati akan tenteram.

0 comments:

Post a Comment