Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, September 20, 2015

Inilah Menu Makanan yang Tepat Untuk Lansia

diambil dari http://www.jawaban.com Sat April 12th, 2014

Inilah Menu Makanan yang Tepat Untuk Lansia Sumber : republika.co.id

Setiap fase kehidupan manusia selalu berkaitan dengan apa yang dikonsumsinya. Makanan untuk bayi pasti berbeda dengan makanan ketika kita sudah beranjak menjadi anak-anak atau bahkan remaja. Begitu pun saat kita menjadi tua, asupan yang tepat untuk kita di masa itu akan lain dengan saat kita masih muda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menu makanan bagi lanjut usia (lansia):
1. Hindari membuat masakan dengan bumbu yang merangsang, seperti pedas atau asam, karena ini dapat mengganggu kesehatan lambung dan alat pencernaan.
2. Kurangi pemakaian garam, yakni tidak lebih dari 4 gram per hari, untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
3. Kurangi santan, daging yang berlemak, dan minyak agar kolesterol darah tidak tinggi. Sebaliknya, perbanyak makanan yang berkalsium tinggi, seperti susu dan ikan. Pada orang lanjut usia, khususnya ibu-ibu yang menopause, sangat perlu mengkonsumsi kalsium untuk mengurangi risiko keropos tulang.
4. Perbanyak makanan berserat, seperti sayuran mentah, agar pencernaan lancar dan tidak sembelit.
5. Kurangi konsumsi gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi agar gula darah normal, khususnya bagi penderita kencing manis agar tidak terjadi komplikasi lain.
6. Gunakan sedikit minyak untuk menumis dan kurangi makanan yang digoreng. Perbanyak makanan yang diolah dengan dipanggang atau direbus karena makanan tersebut mudah dicerna.
7. Buat masakan yang lunak dan mudah dikunyah sehingga kesehatan gigi terjaga.

Itulah beberapa tips makanan yang cocok untuk lansia. Semoga dengan mempraktikannya, orang tua, kakek-nenek, atau bahkan kita nantinya dapat terus sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Selamat mempraktikkan!

0 comments:

Post a Comment