Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, September 30, 2015

Lamunan Pesta

Santa Teresia dari Kanak-kanak Yesus, Perawan dan Pujangga Gereja
Kamis, 1 Oktober 2015

Matius 18:1-4

18:1. Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?"
18:2 Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka
18:3 lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
18:4 Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, kata besar untuk orang dapat dikaitkan dengan hal fisik. Maka orang disebut sudah besar karena umurnya sudah banyak dan tubuhnya sudah menunjukkan tanda-tanda kedewasaan.
  • Tampaknya, kata besar untuk orang juga dapat dikaitkan dengan kedudukan sosial. Maka orang dapat disebut besar karena kaya dan atau memiliki jabatan serta berpendidikan tinggi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa setua dan setinggi apapun status seseorang, kalau tidak memiliki kebiasaan terbuka pada kedalaman batinnya, dia tidak memiliki kesejatian kebesaran hidup yang tanda-tandanya mudah kagum dan belajar perkembangan dari yang berasal di luar dirinya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu terbuka memupuk kesuburan batin dalam perkembangan situasi hidup dan budayanya.
Ah, kebesaran orang karena hidupnya tak seperti ketika masih anak-anak.

0 comments:

Post a Comment