Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, September 3, 2015

Sabda Hidup


Jumat, 04 September 2015
St. Rosa dr Viterbo
warna liturgi Hijau
Bacaan
Kol. 1:15-20; Mzm. 100:2,3,4,5; Luk. 5:33-39. BcO Am. 5:1-17

Lukas 5:33-39:
33 Orang-orang Farisi itu berkata pula kepada Yesus: "Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang, demikian juga murid-murid orang Farisi, tetapi murid-murid-Mu makan dan minum." 34 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat mempelai laki-laki disuruh berpuasa, sedang mempelai itu bersama mereka? 35 Tetapi akan datang waktunya, apabila mempelai itu diambil dari mereka, pada waktu itulah mereka akan berpuasa." 36 Ia mengatakan juga suatu perumpamaan kepada mereka: "Tidak seorangpun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk menambalkannya pada baju yang tua. Jika demikian, yang baru itu juga akan koyak dan pada yang tua itu tidak akan cocok kain penambal yang dikoyakkan dari yang baru itu. 37 Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itupun hancur. 38 Tetapi anggur yang baru harus disimpan dalam kantong yang baru pula. 39 Dan tidak seorangpun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru, sebab ia akan berkata: Anggur yang tua itu baik."

Renungan:
Hidup manusia itu selalu belajar. Saat lahir ia belajar menjadi anggota dunia. Saat sekolah ia belajar menjadi peserta didik. Saat menikah ia belajar menjadi keluarga baru. Saat punya anak ia belajar menjadi orang tua. Juga saat pensiun ia pun belajar menjadi pensiunan. Setiap masa mempunyai keunikannya sendiri. Masa-masa itu pun mesti disikapi secara baru.
Yesus mengatakan, "Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itupun hancur" (Luk 5:37). Dunia baru mesti disikapi secara baru. Kenyataan telah menjadi orang tua dan punya anak tentunya menuntut orang untuk berlaku sebagai orang tua. Ketika pensiun kita pun tidak bisa memperlakukan keluarga seperti anak buah tempat kita bekerja. Cara perintah pada anak buah kalau ditimpakan kepada keluarga maka akan terjadi gesekan yang akhirnya membuat frustasi dan koyaklah hidup kita. Maka marilah kita selalu belajar dalam hidup kita dan menanggapi dunia baru kita dengan terus belajar.

Kontemplasi:
Bayangkan dirimu menempati masa atau situasi baru. Lihatlah bagaimana cara-caramu menghadapi situasi tersebut.

Refleksi:
Apa yang kaulakukan kala menghadapi masa atau dunia baru?

Doa:
Tuhan semoga aku mampu mengarungi jiarah kehidupan ini dengan baik. Aku selalu berani belajar atas tantangan baru yang kuhadapi. Amin.

Perutusan:
Aku akan selalu belajar sepanjang hidupku.  -nasp-

0 comments:

Post a Comment