Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, September 21, 2015

Lamunan Pekan Biasa XXV

Selasa, 22 September 2015

Lukas 8:19-21

8:19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak.
8:20 Orang memberitahukan kepada-Nya: “Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau.”
8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.”

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada pandangan umum bahwa hidup bersaudara terjadi karena adanya ikatan darah. Dari sini muncul keluarga besar (extended family) dan keluarga inti (nucleus family).
  • Tampaknya, dalam perkembangan sosial juga ada persaudaraan karena kesamaan kategorial. Orang dapat membangun keluarga besar karena kesamaan suku bahkan asal-usul, kesamaan generasi usia, kesamaan golongan, kesamaan profesi, kesamaan minat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa persaudaraan sejati akan terjadi di antara orang-orang yang memiliki sikap hidup taat pada kedalaman batinnya sebab tanpa kesamaan sikap ini segala kesamaan yang lain mudah retak akibat kepentingan bahkan keserakahan individual. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang mudah terbuka bersaudara dengan siapapun tanpa sekat-sekat perbedaan duniawi.
Ah, segala kesamaan asal-usul dan kategorial akan menghangatkan hubungan personal.

0 comments:

Post a Comment