Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, August 30, 2016

Lamunan Pekan Biasa XXII

Rabu, 31 Agustus 2016

Lukas 4:38-44

4:38 Kemudian Ia meninggalkan rumah ibadat itu dan pergi ke rumah Simon. Adapun ibu mertua Simon demam keras dan mereka meminta kepada Yesus supaya menolong dia.
4:39 Maka Ia berdiri di sisi perempuan itu, lalu menghardik demam itu, dan penyakit itupun meninggalkan dia. Perempuan itu segera bangun dan melayani mereka.
4:40 Ketika matahari terbenam, semua orang membawa kepada-Nya orang-orang sakitnya, yang menderita bermacam-macam penyakit. Iapun meletakkan tangan-Nya atas mereka masing-masing dan menyembuhkan mereka.
4:41 Dari banyak orang keluar juga setan-setan sambil berteriak: "Engkau adalah Anak Allah." Lalu Ia dengan keras melarang mereka dan tidak memperbolehkan mereka berbicara, karena mereka tahu bahwa Ia adalah Mesias.
4:42 Ketika hari siang, Yesus berangkat dan pergi ke suatu tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mencari Dia, lalu menemukan-Nya dan berusaha menahan Dia supaya jangan meninggalkan mereka.
4:43 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah sebab untuk itulah Aku diutus."
4:44 Dan Ia memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat di Yudea.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, gerakan yang menyebar di tengah masyarakat biasa memiliki basis. Basis gerakan biasa berada di tempat dimana ada banyak pendukung dan atau peminat.
  • Tampaknya, pemimpin utama gerakan akan tinggal di basis pusat dari banyak basis lain. Pemimpin akan menerima laporan dari para penggerak baik dari basis-basis daerah dan atau tempat-tempat baru.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, pemimpin utama gerakan tidak akan terlalu terpancang di satu tempat tetapi akan berkeliling terutama ke tempat-tempat yang belum mengenal gerakannya sehingga ada banyak orang dan atau kelompok menerima langsung berita yang menceriakan hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati kepemimpinan bukanlah status tetapi menjadi kesempatan menjamah kalbu sebanyak mungkin orang.
Ah, pemimpin adalah penentu berbagai kebijakan dan pelaksanaannya akan dilimpahkan ke orang lain.

0 comments:

Post a Comment