Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, August 9, 2016

Lamunan Pesta

Santo Laurensius, Diakon dan Martir
Rabu, 10 Agustus 2016

Yohanes 12:24-26

12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.
12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal.
12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat merasa memiliki kebanggaan hidup karena memiliki status status sosial. Dengan status sosial orang dapat merasa berharga di tengah masyarakat.
  • Tampaknya, kebanggaan akan status di tengah masyarakat dapat berupa misalnya titel akademis, jabatan dan kekayaan. Orang senang kalau titel selalu disebut dan dapat mempertahankan jabatan yang telah diraih serta menjaga kekayaan agar jangan berkurang.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, tanpa kerelaan menggunakan apa yang ada dalam dirinya untuk pelayanan kebaikan bersama, segala kekayaan seperti prestasi akademis, jabatan dan harta tak akan mendatangkan penghargaan sosial dan menjadi tidak bermakna sehingga menjadi jalan keterpurukan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan berjuang berada sesuai dengan amanat nurani.
Ah, yang pokok memikir kebutuhan diri karena jamannya menuntut mandiri.

0 comments:

Post a Comment