Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, August 21, 2016

Rm. Marta akan Bicara untuk Kaum Tua-Lansia


Program Novena Ekaristi Seminar di Domus Pacis diselenggarakan terutama sebagai kesempatan kaum tua dan lansia belajar tentang ketuaan agar dapat semakin mengikuti Tuhan Yesus Kristus dalam perkembangan situasi hidup dan budayanya. Dengan program ini para rama tua yang ada di Domus Pacis juga dapat menghayati diri sebagai komunitas murid-murid Kristus dalam persekutuan dengan paguyuban-paguyuban murid-murid Kristus lain. Apalagi dengan program Novena ini banyak koordinator relawati-relawan Domus Pacis dan beberapa anggotanya berperan dalam penyelenggaraan. Program ini dimulai pada tahun 2012 dengan dua kali penyelenggaraan dan kemudian mulai dengan tahun 2013 hingga kini yang diselenggarakan dari Maret hingga November pada setiap Minggu Pertama jam 09.00-12.00. Di sini bagian homili menjadi seminar dengan tanya jawab. Sistem sumbangan menjadi warna penyelenggaraan:
  • Para relawati-relawan memberikan sumbangan tenaga baik dalam pengolahan dan penyajian konsumsi dan juga dalam pelayanan lain yang dibutuhkan.
  • Pembicara memberikan sumbangan wawasan tanpa honorarium.
  • Para peserta menyumbang lewat kolekte sukarela untuk pengadaan konsumsi.
Pada tahun 2012-2015 tema-tema yang dibicarakan dalam Novena itu berkaitan dengan masalah-masalah psikologis, sosiologis, medis dan kultural. Pada tahun 2016 tema-tema yang disajikan berkaitan dengan kehidupan rohani terutama dengan cakrawala kehidupan kekal. Untuk pelaksanaan bulan ketujuh pada 4 September 2016, Rm. E. Martasudjita, Pr. akan hadir dalam pembicaraan tentang Sakramen Perminyakan. Beliau adalah seorang doktor teologi sakramen, dosen teologi dan staf Seminari Tinggi Kentungan. Sebelum tema ini, tema-tema yang sudah dibicarakan: bandha ora digawa mati, ben ora susah lan ora nyusahake, endahing pati, sengsara membawa nikmat, makna kematian, dan rasa ing alaming wong mati. Sedang dua tema sesudah September adalah "swarga, nraka, latu pangresikan" dan "plong ngarepake ajal". Adapun calon peserta yang sudah terdaftar untuk 4 September 2016 ada 392 orang sebagaimana tampak dalam matrik di bawah.

ASAL PESERTA
JUMLAH
RAYON KOTA KEVIKEPAN DIY
95 ORANG
01.  Paroki Pringwulung
58 orang
02.  Paroki Kotabaru, Lingkungan Sendowo
6 orang
03.  Paroki Administratif Pringgolayan
33 orang
04.  Paroki Pugeran
9 orang
05.  Paroki Bintaran, Lingkungan Nicolas
3 orang
06.  Paroki Kidul Loji
1 orang
07.  Paroki Baciro
15 orang
RAYON SLEMAN KEVIKEPAN DIY
 60 ORANG
08.  Paroki Minomartani
8 orang
09.  Paroki Banteng
2 orang
10.  Paroki Babadan
2 orang
11.  Paroki Babarsari
7 orang
12.  Paroki Medari
27 orang
13.  Paroki Kalasan
4 orang
14.  Paroki Mlati
8 orang
15.  Paroki Gamping
2 orang
KEVIKEPAN SURAKARTA
 190 ORANG
16.  Paroki Klaten
170 orang
17.  Paroki Gondang
20 orang
KEVIKEPAN KEDU
17 ORANG
18.  Paroki Ignatius Magelang
7 orang
19.  Paroki Muntilan
10 orang
JUMLAH
392 orang

0 comments:

Post a Comment