Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, December 14, 2013

DISORIENTASI SPIRITUAL (Sajian 14)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Karya Roh

Doa adalah jembatan antara kehidupan kita yang sadar dan tidak sadar. Seringkali ada suatu jurang yang lebar di antara pikiran-pikiran, kata-kata serta tindakan-tindakan kita, dan banyak gambaran yang timbul dari lamunan dan mimpi kita. Berdoa adalah menghubungkan kedua sisi  kehidupan kita ini dengan pergi ke tempat tinggal Allah. Doa adalah "karya roh" karena roh kita adalah pusat-pusat suci di mana semuanya adalah satu dan di mana Allah ada bersama kita secara paling intim. Karena kita harus berdoa tanpa henti sehingga kita dapat benar-benar menjadi utuh dan kudus.
dari Bread for the Journey


Doa yang Berbahaya

Berdoa bukanlah perkara yang mudah. Doa menuntut suatu relasi di dalam mana anda mempersilahkan seseorang di luar diri anda sendiri untuk masuk ke pusat terdalam dari diri anda, untuk melihat di sana apa yang lebih anda ingin tinggalkan dalam kegelapan, untuk menyentuh apa yang anda inginkan tetap tak tersentuh. Mengapa anda betul-betul ingin melakukannya? Mungkin anda akan membiarkan orang lain melintas ambang batin anda untuk melihat atau menyentuh sesuatu, tetapi membiarkan orang lain masuk ke tempat di mana kehidupan intim anda terbentuk - itu berbahaya dan membutuhkan pertahanan.

dari With Open Hands

0 comments:

Post a Comment