Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, December 30, 2013

MENGINREGRASIKAN DIRI (Sajian 16)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Latihan Pengampunan

Sudah sering aku berkata, "Aku mengampunimu", tetapi ketika aku mengucapkan kata-kata ini hatiku tetap marah atau penuh kebencian. Aku masih ingin mendengar cerita yang mengatakan bahwa akulah yang benar; aku masih ingin mendengar penyesalan dan permintaan maaf; aku masih ingin memperoleh kepuasan dalam menerima sejumlah pujian sebagai balasan - kalau saja pujian itu karena aku begitu pengampun!

Namun pengampunan Allah adalah tanpa syarat; ia datang dari Hati yang sepenuhnya kosong dari pencarian diri. Pengampunan ilahi inilah yang harus kulatih dalam hidupku sehari-hari. Ia menuntut aku untuk selalu melangkahi segala argumentasiku yang mengatakan bahwa pengampunan adalah tidak bijak, tidak sehat dan tidak praktis. Ia menantangku untuk melaangkahi segala kebutuhanku akan ucapan syukur dan pujian. Akhirnya, ia menuntutku untuk melangkahi bagian yang terluka dari hatiku yang merasa sakit dan dilukai serta yang ingin tetap mengontrol dan memberi beberapa prasyarat di antara aku dan orang yang minta diampuni olehku.

"Pelangkahan" ini adalah latihan yang otentik untuk mengampuni.
dari The Return of the Prodigal Son

0 comments:

Post a Comment