Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, December 29, 2013

Lamunan Masa Natal


Hari Keenam dalam Oktaf Natal
Senin, 30 Desember 2013

Lukas 2:36-40

2:36 Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya,
2:37 dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa.
2:38 Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.
2:39 Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea.
2:40 Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, semakin tua bahkan semakin tambah usia lanjutnya orang dapat mengalami berbagai persoalan bahkan kemerosotan kekuatan fisik, sosial, kesehatan, dan juga kejiwaan. Orang dapat merasakan hidup yang diliputi dengan berbagai kegelisahan apalagi kalau masih dapat ke sana-sini dan ikut kumpul-kumpul dan keuangan sudah tidak mencukupi.
  • Katanya, kaum tua apalagi yang sudah lanjut usia dan hidupnya banyak bermasalah, dia juga akan membuat orang-orang sekitarnya menjadi repot mengurusnya. Tidak sedikit anak, remaja, dan kaum mudah menjauh karena tidak tahan kena suara yang muncul dari keterbatasan wawasan hidup yang didominasi pengalaman masa lampaunya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kaum tua bahkan kaum lanjut usia yang matang akan makin mendalam olah batinnya sehingga sekalipun tiada orang menemani hidupnya dia akan selalu ceria. Dalam yang ilahi kaum tua bakan lanjut usia akan makin mesra dengan suara relung hatinya sehingga mampu menghargai peran anak, remaja, dan kaum muda untuk membangun masa depan bersama.
Ah, makin tua orang seharusnya makin harus diurus dan dilayani.

0 comments:

Post a Comment