Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, December 7, 2013

DISORIENTASI SPIRITUAL (Sajian 7)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Membandingkan Diri Orang Lain

Seringkali kita ingin berada di tempat yang lain daripada di tempat kita sedang berada, atau bahkan ingin menjadi seseorang yang lain daripada diri kita. Kita selalu cenderung untuk membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain dan bertanya-tanya mengapa kita tidak sekaya, sepintar, sesederhana, semurah-hati atau sesuci mereka. Perbandingan seperti itu membuat kita merasa bersalah, malu atau iri hati. Sangatlah penting untuk menyadari bahwa panggilan kita tersembunyi di mana kita berada dan siapa kita. Kita adalah manusia yang unik, setiap kita dengan panggilan untuk menyadari dalam hidup apa yang tidak bisa dilakukan orang lain siapapun, dan untuk menyadarinya dalam konteks di sini dan kekinian yang konkrit. Kita tak akan menemukan panggilan kita dengan mencoba menggambarkannya apakah kita ini lebih baik atau lebih buruk daripada orang lain. Kita cukup baik untuk melakukan apa yang sesuai dengan panggilan kita. Jadilah diri sendiri!
dari Bread for the Journey

0 comments:

Post a Comment