Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, December 31, 2013

Sabda Hidup


Rabu, 01 Januari 2013
HARI RAYA SANTA MARIA BUNDA ALLAH
Hari Perdamaian Sedunia.
warna liturgi Putih
Bacaan:
Bil. 6:22-27; Mzm. 67:2-3,5,6,8; Gal. 4:4-7; Luk. 2:16-21

Injil Lukas 2:16-21:
16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. 17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. 18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. 19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. 20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. 21 Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.


Renungan:
Suatu kali seorang bapak ditanya, "Pak bagaimana dulu menyiapkan anaknya sehingga menjadi seorang imam?" Bapak itu menjawab, "Saya tidak tahu dan tidak mempersiapkan apa2." Seorang ibu ditanya, "Bu, apa yang ibu lakukan ketika sekarang putra-putri anda menjadi imam dan suster?" Ibu itu menjawab, "Saya tidak melakukan apa-apa kecuali lebih banyak berdoa agar Tuhan menjaga mereka." Jawaban seperti itu pun diberikan oleh seorang isteri ketika suaminya menjadi seorang pejabat pemerintahan.
Apapun yang diemban oleh anak-anaknya selalu menggerakkan orang tua untuk menjaganya. Karena keterbatasan kemampuannya sekaligus kepercayaan pada penyelenggaraan Tuhan mereka akan memohonkan perlindungan pada Tuhan. Hal yang jauh lebih besar dialami Maria, sang Bunda Allah. Yesus, puteranya, mengemban perutusan Bapa yang menuntut tanggungjawab yang luar biasa. Sejak kelahiranNya ada aneka peristiwa yang tidak mudah dimengerti. Dalam kondisi seperti itu Maria mengambil tindakan: menyimpan segala perkara dalam hatinya. Ia membawa semua kisah hidupnya bersama Yesus dalam hatinya dan menyatukannya dengan kehendak Tuhan. Marilah memulai tahun baru ini dengan cara hidup ibu Maria.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu. Bayangkan dirimu sebagai ibu Maria. Ikuti aneka sikap ibu Maria ketika mengetahui dan mengikuti perjalanan hidup Yesus.

Refleksi:
Tulislah pengalamanmu menjadi orang tua, saudara di mana ada anak atau saudaramu yang memegang peran penting dalam imanmu, pemerintahan dan juga dunia kerja.

Doa:

Ibu Maria doakanlah kami agar kami selalu dekat dengan Allah di belantara peristiwa di sekitarku dan kuat menyimpan aneka perkara dalam hati. Amin.

Perutusan:
Aku mendoakan semua orang, juga saudaraku, yang dipercaya memegang wewenang dalam aneka tingkatnya.

0 comments:

Post a Comment