Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, December 28, 2013

MENGINTEGRASIKAN DIRI (Sajian 13)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Kemiskinan Pikiran

Seseorang yang dipenuhi dengan ide-ide, konsep-konsep, pendapat-pendapat, dan keyakinan-keyakinan tidak dapat menjadi tuan rumah yang baik. Tidak ada ruang batin untuk mendengarkan, tak ada keterbukaan untuk menemukan karunia orang lain. Tidak sulit untuk melihat bagaimana mereka "yang serba tahu" dapat membunuh perbincangan dan menghalangi suatu pertukaran ide-ide. Kemiskinan pikiran sebagai suatu sikap spiritual adalah bertumbuhnya kemauan untuk mengakui misteri kehidupan yang tidak mampu terpahami. Semakin kita menjadi matang, semakin kita mampu melepaskan kecenderungan kita untuk merebut, menangkap, serta mengartikan kepenuhan hidup, dan semakin kita siap untuk membiarkan hidup memasuki diri kita.

... Seorang tuan rumah yang baik tidak hanya harus miskin dalam pikiran tetapi juga miskin dalam hati. Jikalau hati kita dipenuhi dengan prasangka-prasangka, kekuatiran, keiri-hatian, hanya ada sedikit ruang tersedia bagi orang asing. Dalam lingkungan yang menakutkan tidaklah mudah untuk membiarkan hati kita terbuka bagi pengalaman manusiawi yang luas. Akan tetapi, keramah-tamahan sejati bukanlah eksklusif, tetapi inklusif dan menciptakan ruang bagi berbagai macam pengalaman manusiawi.
dari Reaching Out

0 comments:

Post a Comment