Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, December 27, 2013

MENGINTEGRASIKAN DIRI (Sajian 12)



Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Merawat Orang Lanjut Usia

Dengan begitu merawat orang lanjut usia berarti bahwa kita mempersilahkan orang lanjut usia untuk menjadikan kita miskin dengan meminta kita membuang ilusi bahwa kita menciptakan kehidupan kita sendiri, serta tiada apapun dan siapapun dapat merebutnya dari kita. Kemiskinan ini, yang adalah suatu pelepasan batin, dapat membuat kita merdeka untuk menerima orang asing tua itu ke dalam hidup kita dan membuat orang itu menjadi sahabat yang paling intim.

Ketika memberi layanan rawat telah membuat kita miskin dengan melepaskan diri kita dari ilusi kebakaan, kita benar-benar dapat hadir bagi orang usia lanjut itu. Kemudian kita dapat mendengarkan apa yang mereka katakan tanpa kuatir tentang bagaimana kita menjawabnya. Kita dapat memperhatikan apa yang dapat mereka tawarkan tanpa kuatir tentang apa yang dapat kita berikan. Kita dapat melihat apa yang ada di dalam diri mereka sendiri tanpa bertanya-tanya seperti apa kita bisa melayani mereka. Ketika kita telah mengosongkan diri kita dari pekerjaan-pekerjaan atau perhatian-perhatian semu, kita dapat menawarkan ruang bebas kepada orang asing tua, di mana kita dapat berbagi tidak hanya roti dan anggur tetapi juga cerita kehidupan.
dari Aging

0 comments:

Post a Comment