Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, December 31, 2013

MENGINTEGRASIKAN DIRI (Sajian 17)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Berserah Diri

Cinta adalah tindakan mengampuni di dalam mana kejahatan diubah menjadi kebaikan dan penghancuran menjadi penciptaan. Dalam perjumpaan cinta yang penuh kebenaran, lembut dan polos orang dimampukan untuk mencipta. Dalam perspektif ini jelaslah bahwa tindakan seksual adalah suatu tindakan religius.  Timbul dari kepolosan penuh dari seorang Manusia di atas salib-Nya, menyatakan diri-Nya dalam kerapuhan yang ekstrim, bangkitlah Orang yang baru dan mewujud dalam kemerdekaan. Bukankah tepat sekali bahwa dalam tindakan berserah diri yang sama kita menemukan kerapuhan tertinggi yang mewujud dalam kehidupan baru yang kita ciptakan? Agama dan seksualitas, yang di masa lalu telah seringkali dijabarkan sebagai berlawanan, melarut menjadi satu serta realitas yang sama ketika keduanya dilihat sebagai ekspresi berserah diri dalam cinta yang sempurna.
dari Intimacy


0 comments:

Post a Comment