Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, December 25, 2013

MENGINTEGRASIKAN DIRI (Sajian 10)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Keterhubungan

Salah satu yang kita temukan dalam berdoa adalah bahwa semakin dekat kita dengan Allah, semakin dekat pula kita dengan semua saudara di dalam keluarga manusia. Allah bukanlah Allah pribadi. Allah yang tinggal di dalam relung batin kita adalah juga Allah yang tinggal dalam relung batin setiap manusia. Jikalau kita mengakui kehadiran Allah di dalam hati kita, kita dapat pula mengakui kehadiran-Nya di dalam hati orang-oran lain, karena Allah yang telah memilih kita menjadi tempat tinggal memberi kita mata untuk melihat Allah yang tinggal di dalam orang lain. Bila kita hanya melihat setan-setan di dalam diri kita sendiri, kita hanya dapat melihat setan-setan di dalam diri orang lain, tetapi jika kita melihat Allah di dalam diri kita, kita juga dapat melihat Allah di dalam diri orang lain.

Yang ini mungkin seakan terasa teoritis tetapi, jikalau kita berdoa, kita akan semakin mengalami diri kita sebagai bagian dari keluarga manusia yang secara abadi terikat dengan Allah yang menciptakan kita, kita semuanya, untuk berbagi dalam terang ilahi.
dari Here and Now

1 comments:

Unknown said...

Trims atas Sajian 10 nya, Berkah Dalem

Post a Comment