Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, December 27, 2013

Lamunan Pesta

 
Kanak-kanak Suci, Martir
Hari Keempat dalam Oktaf Natal
Sabtu, 28 Desember 2013

Matius 2:13-18
 
2:13 Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."
2:14 Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,
2:15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."
2:16 Ketika Herodes tahu, bahwa ia telah diperdayakan oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang dapat diketahuinya dari orang-orang majus itu.
2:17 Dengan demikian genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yeremia:
2:18 "Terdengarlah suara di Rama, tangis dan ratap yang amat sedih; Rahel menangisi anak-anaknya dan ia tidak mau dihibur, sebab mereka tidak ada lagi."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, nafsu status dan berkuasa membuat orang dapat dengan mudah amat khawatir terhadap ketokohan orang lain. Persaingan antar tokoh dan orang populer mudah menjadi warna khas bagi yang haus kekuasaan.
  • Tampaknya, dalam persaingan perebutan dan atau penjagaan status kekuasaan orang akan membuat rekayasa dan taktik pemenangan. Mengalahkan, menyingkirkan, bahkan membunuh yang dianggap saingan menjadi kewajaran bagi kaum haus status kekuasaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa orang-orang yang haus status kekuasaan sebenarnya bukan terutama adalah pengancam tumbuh dan berkembangnya kaum anak, remaja, dan muda. Dalam yang ilahi kaum dewasa sejati akan menjadi pelindung dan pendamping kehidupan anak, remaja, dan kaum muda.
Ah, hidup akan sungguh terjaga kalau memiliki kekuasaan.

0 comments:

Post a Comment