Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, December 26, 2013

MENGINTEGRASIKAN DIRI (Sajian 11)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akayang tak bisan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Intisari Layanan Rawat

Layanan rawat yang sejati tidaklah ambisius. Layanan rawat sejati menyingkirkan ketidak-pedulian dan berlawanan dengan apati. Kata "care" berakar pada kata Gothik "Kara" yang berarti merasakan atau menyatakan dukacita. Maka dasar layanan rawat adalah: berdukacita, mengalami kedukaan, menyerukan kedukaan. Aku sangat tercengang atas latar belakang kata "care" ini karena kita cenderung melihat pemberian layanan rawat sebagai sikap dari yang kuat terhadap yang lemah, yang berkuasa terhadap yang tak punya kuasa, yang "berpunya" terhadap "yang berkekurangan". Dan, senyatanya, kita merasa agak kurang nyaman dengan permohonan untuk masuk ke dalam kesakitan seseorang sebelum melakukan sesuatu tentang hal itu.

Meski begitu, ketika kita secara jujur bertanya kepada diri sendiri, siapa-siapa saja dalam hidup kita yang paling berarti bagi kita, seringkali kita menemukan bahwa mereka itu yang telah memilih untuk berbagi kesakitan kita dan menyentuh luka-luka kita dengan tangan yang lembut dan kasih sayang, ketimbang mereka yang memberikan banyak nasihat, solusi, atau pengobatan. Sahabat yang bisa bersikap diam pada saat kita putus asa atau kebingungan, yang bisa mentolerir ketidak-tahuan, tiadanya pengobatan, ketidak-sembuhan, dan menghadapi realitas ketidak-berdayaan bersama kita, itulah sahabat yang memberikan perhatian. ...

Sahabat yang memberikan layanan rawat menyatakan dengan jelas bahwa apapun yang terjadi di dunia luar, kehadiran satu sama lain adalah yang betul-betul penting. Nyatanya, kehadiran itu lebih penting daripada rasa sakit, penyakit, atau bahkan kematian. Sangat menakjubkan betapa besar penghiburan dan harapan yang dapat kita terima dari para penulis yang, meskipun tidak memberikan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan hidup, punya keberanian untuk mengartikulasikan situasi kehidupan mereka dalam segala kejujuran dan keterus-terangan. Kierkegaard, Sartre, Camus, Hammarskjold dan Merton - tak satupun di antara mereka pernah menawarkan solusi. Biarpun begitu, banyak di antara kita yang telah membaca karya mereka telah menemukan kekuatan baru untuk meneruskan pencarian kita. Keberanian mereka untuk masuk demikian dalam kepada penderitaan manusia dan hadir dalam kesakitan mereka sendiri memberikan kekuatan untuk mengucapkan kata-kata penyembuhan. Oleh karena itu, memberi layanan rawat berarti pertama-tama hadir untuk satu sama lain. Dari pengalaman anda mengetahui bahwa mereka yang memberikan layanan rawat bagi anda hadir untuk anda. Ketika mereka mendengarkan, mereka mendengarkan anda. Ketika mereka berbicara, anda tahu mereka berbicara untuk anda. Dan ketika mereka bertanya, anda tahu hal itu dilakukan demi anda dan tidak demi mereka sendiri. Kehadiran mereka adalah lehadiran yang menyembuhkan karena mereka menerima anda dalam persyaratan yang anda ajukan, dan mereka meneguhkan anda untuk menjalankan hidup anda dengan serius serta mempercayai panggilan anda sendiri.
dari Out of Solitude

0 comments:

Post a Comment