Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, December 17, 2013

Lamunan Pekan Adven III



Rabu, 18 Desember 2013-12-15

Matius 1:18-24

1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
1:19 Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam.
1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus.
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka."
1:22 Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:
1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita.
1:24 Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tak ada orang yang mau mengalami persoalan dalam hidupnya sekalipun persoalan sungguh dapat terjadi secara nyata. Bila terjadi orang mengalaminya, dia akan berusaha untuk menyingkirkannya dan membebaskan diri darinya.
  • Tampaknya, untuk membebaskan diri dari persoalan hidup orang dapat pergi ke konsultor, orang bijak, atau berdoa. Ilmu pengetahuan pun menyediakan berbagai pelatihan problem solving.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa di dalam persoalan apapun, besar atau kecil, menggelisahkan atau bahkan memalukan, di situ selalu mengandung hadirnya keluhuran hidup yang baru. Dalam yang ilahi orang akan menerima dan bersahabat dengan berbagai persoalannya dan di situ justru menjadi duta keluhuran.
Ah, persoalan itu ya hanya mengacau hidup.

0 comments:

Post a Comment