Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, December 18, 2013

Sabda Hidup


Kamis, 19 Desember 2013
Hari Biasa Khusus Adven
Warna Liturgi Ungu
Bacaan:
Hak. 13:2-7,24-25a; Mzm. 71:3-4a,5-6ab,16-17; Luk. 1:5-25

Lukas 1:5-25:
5 Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. 6 Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat. 7 Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya. 8 Pada suatu kali, waktu tiba giliran rombongannya, Zakharia melakukan tugas keimaman di hadapan Tuhan. 9 Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ. 10 Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan. 11 Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan. 12 Melihat hal itu ia terkejut dan menjadi takut. 13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes. 14 Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya itu. 15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; 16 ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, 17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya." 18 Lalu kata Zakharia kepada malaikat itu: "Bagaimanakah aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya." 19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu. 20 Sesungguhnya engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata-kata sampai kepada hari, di mana semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang akan nyata kebenarannya pada waktunya." 21 Sementara itu orang banyak menanti-nantikan Zakharia. Mereka menjadi heran, bahwa ia begitu lama berada dalam Bait Suci. 22 Ketika ia keluar, ia tidak dapat berkata-kata kepada mereka dan mengertilah mereka, bahwa ia telah melihat suatu penglihatan di dalam Bait Suci. Lalu ia memberi isyarat kepada mereka, sebab ia tetap bisu. 23 Ketika selesai jangka waktu tugas jabatannya, ia pulang ke rumah. 24 Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri, katanya: 25 "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang."


Renungan:
Menunggu itu tidak menyenangkan. Orang akan cenderung merasa bosen, jengkel, marah bahkan putus asa kala yang ditunggu tidak jelas kapan datangnya. Orang sekaliber imam Zakharia pun mulai jatuh pada ketidakyakinan apakah mungkin dia dan isterinya, Elisabeth, yang sudah tua, bisa mempunyai anak kandung. Sehingga ketika malaikat Gabriel menyampaikan kabar bahwa ia akan punya anak kandung ia pun meminta tanda. Dan tandanya ia menjadi bisu.
Ada sisi batas kemampuan manusia terhadap suatu kondisi. Kenyataan itu tidak akan menghambat kala seseorang mengenalinya dengan baik. Pengenalannya akan membawanya pada kemampuan menerima dan mensyukuri segala sesuatu yang terjadi, baik yang sesuai harapan maupun tidak sesuai harapan. Ketika ada kejutan hadirnya yang telah lama dinanti maka ia akan siap menerimanya, walau tentu tetap masih ada seberkas keraguan yang tersimpan. Namun bersamaan dengan segala kecengangan itu ia pun akan memuji keagungan Tuhan: "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang" (Luk 1:25). Tuhan tidak akan pernah membiarkan anak-anak yang percaya kepadaNya dikerangkeng oleh aib. Pada saat yang tepat Ia akan memberikan sesuatu yang tepat pada diri kita sekaligus membuka mata orang untuk menangkap kebesaran karyaNya.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu sejenak. Telusurilah kerinduan-kerinduan dalam dirimu. Rasakan tanda-tanda kehadiran yang kautunggu.

Refleksi:
Apa yang kautunggu dalam hidup ini? Bagaimana sikapmu bila hal tersebut terpenuhi?

Doa:
Tuhan semoga aku selalu percaya bahwa Engkau akan menunjukkan karya istimewa dalam hidupku. Amin.

Perutusan:
Aku akan setia menanti karya istimewa Tuhan dalam hidupku.

0 comments:

Post a Comment