Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, December 16, 2013

MENGINTEGRASIKAN DIRI (Sajian 1)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Kematangan Spiritual

Di dalam diri anda ada seekor domba dan seekor singa. Kematangan spiritual adalah kemampuan untuk membiarkan si domba dan si singa berbaring bersama. Singa anda adalah diri anda yang dewasa dan agresif. Itulah diri anda yang mengambil inisiatif dan membuat keputusan. Namun ada pula domba yang ketakutan dan rawan, bagian dari anda yang membutuhkan afeksi, dukungan, penegasan dan pembinaan.

Jikalau anda hanya menuruti si singa, anda menjangkau terlalu jauh dan kelelahan. Ketika anda hanya memperhatikan si domba, dengan mudah anda akan menjadi korban dari kebutuhan anda akan perhatian oleh orang lain. Seni hidup spiritual adalah sepenuhnya memperoleh singa dan domba anda kedua-duanya. Lalu anda akan dapat bertindak dengan tegas tanpa mengingkari kebutuhan diri anda. Dan anda dapat meminta afeksi serta pemeliharaan tanpa mengkhianati talenta anda sebagai pemimpin.

Mengembangkan identitas anda sebagai anak Allah sama sekali tidak berarti melepaskan tanggungjawab anda. Demikian juga, memperoleh diri anda yang dewasa sama sekali tak berarti bahwa anda tidak dapat semakin menjadi anak Allah. Sebenarnya, kebalikannya yang betul. Semakin anda dapat merasa aman sebagai anak Allah, semakin merdeka anda dapat memperoleh misi anda di dunia sebagai manusia yang bertanggungjawab. Dan semakin anda memperoleh tugas unik untuk memenuhinya bagi Allah, semakin terbukalah anda untuk terpenuhinya kebuhtuhan paling dalam diri anda.

Kerajaan damai yang dibangun Yesus dimulai ketika singa dan domba anda dapat berbaring bersama secara bebas dan tanpa rasa takut.
dari The Inner Voice of Love

0 comments:

Post a Comment