Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, August 10, 2015

HOBI JADI REJEKI



Disampaikan oleh Rm. Petrus Noegroho Agoeng Sriwidodo, Pr. 
dalam Novena Ekaristi Seminar di Domus Pacis Minggu 2 Agustus 2015

Pada masa kanak-kanak setiap pribadi dari kita mempunyai sesuatu yang kita senangi untuk dilakukan. Ada anak yang senang dengan mainan mobil-mobilan. Setiap kali dia minta dibelikan mobil-mobilan. Mobil yang dibeli selalu diotak-atik sampai rusak dan tidak bisa mengembalikan lagi. Ada juga yang seneng bermain pasar-pasaran. Ada yang  jadi pedagang, ada yang jadi pembeli. Kadang-kadang satu sama lain berjualan dengan uang-uangan atau saling barter. Ada pula yang senang bermain dokter-dokteran bahkan juga romo-romoan.

Pada masa dewasa ini kita mengenal istilah yang disebut “hobi”. Hobi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Hobi merupakan kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran. Jadi tujuan hobi adalah memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan.


Pentingnya Hobi

Peredam Stress
Hobi bisa mengalihkan kehidupan yang serba sibuk dan kacau. Hobi adalah aktivitas rekreatif yang sungguh-sungguh disukai, sehingga pikiran kita akan tercurah ke sana dan sedikit banyak membantu kita melupakan hal-hal yang berat

Menghidupkan Talenta
Pada dasarnya setiap orang dianugerahi talenta dalam hidupnya. Hobi sering tidak lepas dari talenta yang dimiliki orang tersebut, yang entah karena pekerjaan atau kesibukan yang lain, talenta itu tidak berkembang. Dengan menekuni hobi orang menghidupkan talenta yang dimilikinya. Biasanya orang yang melakukan hobinya akan tampak segar dan cerah dan sungguh berkomitmen di sana.

Menemukan Teman Baru
Hobi memungkinkan menemukan teman baru. Biasanya ada klub atau kelompok yang terkait hobi. Bergabung dengan klub atau kelompok ini kita akan menemukan teman-teman baru yang mempunyai kesenangan sama.

Sumber Pendapatan
Memang hobi adalah suatu kegiatan rekreatif yang kita sukai dan kita lakukan dengan senang hati. Namun kalau itu kita tekuni dengan sungguh-sungguh dan dilakukan secara rutin akan membuat kita makin profesional. Profesionalitas inilah yang membuka peluang sumber rezeki.               


Mengubah Hobi menjadi rejeki

Fokus pada apa yang diinginkan
Benar-benar fokus dan tau apa yang diinginkan. Lalu pilih Hobby yang benar-benar disukai, cari tahu, pelajari dan temukan cara mengubah hobi menjadi rejeki.

Kreatif
Jika sudah memilih Hobby yang akan diubah menjadi rejeki, tapi tidak tahu bagaimana caranya, mulailah berpikir “Out Of Box”. Cari kelebihan-kelebihan yang kita miliki yang sedikit orang memilikinya. Cari apa yang orang lain belum lakukan. 

Sabar, jangan pengen buru-buru kaya
Di dunia ini jarang ada yang instant jadi lakukan saja prosesnya dengan tekun, disiplin, dan senang hati.

Pasar ada di sekitarmu
Bingung cari pelanggan? Jangan bingung. Jadkan orang-orang terdekat sebagai pelanggan utama. Siapa? Ayah, ibu, adik, kakak, tante, paman, pacar, teman dekat, dsb, dsb.
Percayalah, mereka bisa menjadi marketing gratisan jika mereka suka dengan produk kita.

Berlatih-berlatih-berlatih
Tingkatkan kemampuan dengan terus berlatih, terus belajar, terus cari informasi. Pengetahuan berkembang, jaman berkembang. Jangan sampai ketinggalan jaman.

Cari Testimoni
Kalau pelanggan suka, minta mereka membuat testimoni. Hal ini sudah dilakukan para pedagang Minang sejak puluhan tahun lalu. Ingat dengan jargon “Jika anda puas, beritahu teman. Jika anda kecewa, beritahu kami” ? Itu namanya ngumpulin Testimoni.


Macam Hobi yang bisa jadi rejeki

Olahraga
Instruktur senam mengajarkan kepada orang–orang apa yang ia sukai (dalam hal ini berolahraga) sambil mendapatkan ekstra benefit lainnya yakni tubuh yang fit dan prima. Apapun olahraga yang Anda sukai misalnya saja body pump, yoga, pilates ataupun rpm, dapat ditekuni secara serius hingga Anda dapat menjadi instruktur yang ekspert dalam bidang olahraga yang disenangi.

Fotografi
Semua orang sering menggunakan kamera untuk mengabadikan momen penting dalam hidup mereka. Namun, tidak semua orang dianugerahi talenta untuk dapat melakukan hal tersebut dengan baik dan sempurna. Jika Anda merupakan salah satu orang beruntung yang memiliki keahlian tersebut, maka tidak ada salahnya jika mencoba. Mungkin pada awalnya bayaran yang diterima kecil, tetapi dengan berjalannya portofolio yang Anda jalani, bayaran tersebut akan meninggi dengan sendirinya.

Seni
Melakukan hobi yang berhubungan dengan seni tentu dapat menghasilkan uang. Mulai dari seni daur ulang, merangkai bunga, hingga melukis, dapat menghasilkan karya yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari–hari. Apalagi dengan melakukan aktivitas semisal daur ulang, dapat menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus membantu dalam pelestarian bumi sebagai salah satu wujud gerakan kampanye go green.

Musik
Bagi sebagian besar orang, bermusik bukanlah hanya sekadar hobi, melainkan merupakan happiness on earth. Jika Anda salah satunya, pekerjaan seperti guru musik atau vokal private adalah salah satu profesi yang cocok bagi Anda. Pekerjaan ini dapat dilakukan di rumah, atau dapat pula meggunakan studio musik penyewaan sebagai tempat bekerja.

Fashion
Jika Anda selalu update soal fashion dan  mengikuti trend terbaru, hobi yang terlihat simpel ini dapat menghasilkan pekerjaan yang menjanjikan, misalnya menjadi personal stylist.

Memasak, membuat kue
Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti butuh makan, untuk orang yang pandai memasak, membuat masakan atau kue bukanlah pekerjaan yang susah bahkan menyenangkan karena selain bisa berkreasi juga menghemat pengeluaran untuk tidak jajan di luar. Nah, kenapa anda yang punya hobi membuat aneka kue dan masakan sendiri tidak mencoba berjualan? Cobalah anda membuat masakan yang menjadi favorit anda lalu disajikan dengan foto yang cukup menggiurkan dan mengundang selera lalu menguploadnya di sosial media anda.

Blogging-Menulis
Apabila Anda gemar menulis dan merasa senang ketika orang-orang membaca hasil karya yang dibuat, membuat blog pribadi dapat menjadi salah satu pertimbangan. Topik yang dipilih haruslah yang Anda suka dan kuasai. Namun, tentu membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar untuk dapat menyaring pembaca setia yang menggemari hasil karya yang telah kita buat.

Mengoleksi Barang Antik
Menjelajahi toko barang bekas lokal dan juga garage sale kemudian menjual barang hasil temuan kita dengan harga yang lebih tinggi adalah salah satu kegiatan yang cukup menguntungkan. Seorang kolektor barang antik harus memiliki pengetahuan yang luas akan barang yang ia perjualbelikan. Barang hasil dari temuan tersebut dapat dijual secara online ataupun dengan membuka toko yang khusus menjual barang–barang antik.

Mengatur Landscape atau Tata Letak Taman
Bagi sebagian besar orang memotong dan mencabuti rumput liar yang tumbuh di taman merupakan kegiatan yang menakutkan, bahkan seringkali diabaikan. Namun, jika Anda termasuk orang yang menggemari kegiatan berkebun, tidak ada salahnya jika mulai mengiklankan bisnis Anda di cafe, bookstore ataupun toko lain yang memungkinkan untuk menjaring klien yang akan cocok dan menggunakan jasa Anda.

Beternak
Ada seorang ibu yang berhasil menjadi peternak burung kenari. Awalnya dia hanya memelihara burung yang dibeli suaminya yang seorang pelaut. Lalu dia tekuni pemeliharaan burung tersebut sambil mengisi waktu kala suaminya berlayar. Sekarang ini dia bisa menghasilkan puluhan juta dari ternak burung tersebut.

Organizing
Tidak semua orang mampu mengorganisir barang yang mereka miliki dengan baik. Jadi jika membersihkan, mengatur dan menata ruangan merupakan salah satu keahlian yang Anda miliki, tidak ada salahnya jika menggunakan keahlian tersebut untuk mendapatkan profit atau penghasilan baru bagi anda. Tentukan di mana ketertarikan Anda, apakah itu mengorganisir rumah, surat  dan dokumen, ataupun mengorganisir suatu bisnis.


Mari senangi kesenangan kita. Kita segarkan hari tua kita dengan tindakan baik yang kita sukai. Maka keceriaan dan pancaran kebahagiaan akan menghiasi hidup kita, sokur-sokur kita pun punya tambahan sangu hehehehe.

1 comments:

Obat Herbal Radang Sendi said...

profesi yang berasal dari hobi sepertinya menyebangkan..

Post a Comment