Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, August 20, 2015

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Pius X, Paus
Jumat, 21 Agustus 2015

Matius 22:34-40

22:34. Ketika orang-orang Farisi mendengar, bahwa Yesus telah membuat orang-orang Saduki itu bungkam, berkumpullah mereka
22:35 dan seorang dari mereka, seorang ahli Taurat, bertanya untuk mencobai Dia:
22:36 "Guru, hukum manakah yang terutama dalam hukum Taurat?"
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, dalam setiap kebersamaan kebih-lebih dalam hidupkelembagaan selalu ada tata aturan. Tata aturan itu memuat hal-hal praktis untuk dijalani dan atau disingkiri demi menjaga kebaikan hidup bersama.
  • Tampaknya, tata aturan dan bahkan tata hukum selalu harus jelas dan pasti sehingga tidak menimbulkan multi tafsir. Dengan kejelasan dan kepastian itu orang sungguh mendapatkan pegangan untuk menilai benar dan salahnya sebuah tindakan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa yang paling utama dalam tata aturan dan hukum dalam hidup bersama dan kelembagaan adalah perintah membangun ikatan orang dengan kedalaman batin masing-masing, karena kesejatian pelaksanaan aturan dan hukum adalah wujud dari ikatan itu. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang selalu menjalani berbagai tatanan sebagai wujud ambil bagian membangun dan mengembangkan kebaikan umum.
Ah, yang batin itu adalah urusan individual terpisah dari tatanan hidup bersama.

0 comments:

Post a Comment