Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, August 15, 2015

Tips Hidup Sehat Untuk Lansia



 diambil dari http://hingga.com


 
Apakah saat ini anda mempunyai anggota keluarga yang sudah lansia? Kami mempunyai beberapa tips untuk membantu mewujudkan hidup sehat bagi anggota keluarga yang sudah lansia. Para lansia memang memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah. Mereka juga jauh lebih lemah karena usia mereka yang sudah tidak muda lagi. Meskipun demikian, dimasa tuanya mereka masih memiiliki kesempatan untuk hidup lebih sehat meskipun sudah lansia.

kakek photo
Photo by ridwan_botmanAll Rights Reserved
Tips hidup sehat untuk lansia
1. Menghindari konsumsi makanan yang mengandung garam terlalu tinggi
Kandungan dalam garam juga tidak baik untuk kesehatan terutama bagi mereka yang sudah berusia senja. Itulah sebabnya, kurangilah kadar garam dalam masakan yang ditujukan untuk para lansia. Kadar garam yang tinggi ini bisa memicu meningkatkan tekanan darah dan sebagainya.
2. Memilih makanan yang lebih lembut
System percernaan orang lansia tentu tidak sebaik system pencernaan anda yang lebih muda. Itulah sebabnya mereka lebih baik mengkonsumsi makanan yang lebih lembut sehingga mudah untuk dicerna.
3. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah
Sayur dan buah merupakan asupan nutrisi yang juga baik untuk dikonsumsi para lansia. Kandunagn dalam sayur dan buah sangat baik untuk sumber serat. Jika mereka yang sudah lansia tidak mampu lagi mengunyah beberapa buah tertentu, jus buah juga bisa menjadi pilihan.
4. Hindari konsumsi kolesterol
Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Kandungan kolesterol sangat tidak baik untuk kesehatan sehingga mengkonsumsinya secara terus menerus bsia memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya.
5. Berkomunikasi
Cobalah mengajak bicara pada kesempatan tertentu dengan mereka. Mereka tentunya sudah banyak menghabiskan wktunya di rumah, itulah sebabnya hal ini seringkali membuat mereka menjadi jenuh dan kadang stres. Dengan mengajak mereka mengobrol maka akan membuat mereka lebih bersemangat dan tidak banyak melamun. 
6. Berjalan kaki
Jika mereka masih mampu, tidak ada salahnya mengajak mereka untuk jalan di waktu pagi. Pastikan bahwa jalan kaki ini tidak akan membuat mereka kecapekan. Tidak harus lama,  tapi cukup disekitar rumah anda saja.
Tips hidup sehat untuk lansia ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin memberikan kehidupan yang jauh lebih baik untuk anggota keluarga anda yang sudah lansia. Bagaimanapun juga menjaga mereka dengan baik adalah sebagai bentuk rasa terimakasih kita kepada mereka yang dulu juga sudah banyak berjasa. Meskipun mereka sudah dimakan usia, tapi mereka masih berhak untuk mendapatkan kesehatan yang baik. Semakin sehat tentunya akan membantu mereka untuk hidup yang lebih lama. Meskipun mereka sudah tua, setidaknya mereka bisa mendapatkan sedikit kebahagiaan dari merasakan hidup yang sehat. Bayangkan saja jika dimasa tuanya mereka harus merasakan sakit pada sisa hidupnya tentu akan membuat mereka frustasi dan sedih.

0 comments:

Post a Comment