Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, August 16, 2015

Penyakit Alzheimer

diambil dari salah satu kiriman teman dalam grup WA de Britto '68-'71 tanggal 7 Agustus 2015

Diperkirakan ada 44 juta orang di dunia yang menderita penyakit Alzheimer. Pada tahun 2050, para peneliti menafsir angka itu akan berlipat ganda. Oleh karena itu, berbagai penelitian pun dilakukan untuk lebih memahami penyakit Alzheimer.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, para peneliti menemukan bukti bahwa zat dalam air liur dapat membedakan antara orang yang menua secara normal dan orang-orang yang berisiko terkena penyakit Alzheimer. Untuk mencegah penyakit tersebut, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan setiap hari.

1. Terus menantang otak

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neurology menemukan bahwa orang yang selalu menantang otak mereka melalui membaca, menulis dan kegiatan merangsang otak lainnya dapat memperlambat penurunan otak yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

2. Stop multi-tasking

Para peneliti menyarankan bahwa kita sebaiknya melakukan setiap tugas secara terpisah. Sebab, ada penelitian yang menunjukkan bahwa multi-tasking ternyata tidak seefisien yang kita pikirkan.

3. Makan wortel

Peneliti Swedia menemukan bahwa makan berbagai buah dan sayuran - sekitar 500 gram per hari - telah dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer dan demensia pada 30 tahun kemudian. Dan penelitian lebih lanjut berhasil membuktikan bahwa makan wortel, sayuran, dan buah jeruk, telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif.

4. Rajin memeriksa tekanan darah

Tekanan darah tinggi yang sering terjadi di usia 40-an sampai 50-an bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia. Maka, Anda harus rajin mengecek tekanan darah Anda.

5. Berjalan selama 45 menit, tiga kali seminggu

Penelitian mengungkapkan bahwa orang dewasa setengah baya yang rutin jalan cepat selama 45 menit sebanyak tiga kali seminggu menunjukkan perbaikan dalam aktivitas otak dan kemampuan untuk mempertahankan konsentrasi.

Inilah lima cara untuk mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Terus asah otak Anda untuk membuatnya tetap aktif.

0 comments:

Post a Comment