Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, August 4, 2015

Lamunan Pekan Biasa XVIII

Rabu, 5 Agustus 2015

Matius 15:21-28

15:21. Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon.
15:22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."
15:23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak."
15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
15:25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
15:26 Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
15:27 Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang memang akan gigih untuk memenuhi kebutuhan yang amat mendasar untuk hidup. Dia dapat melakukan banyak usaha.
  • Tampaknya, dalam melakukan banyak usaha untuk kebutuhan tersebut orang dapat ikhlas menanggung banyak derita. Tetapi orang akan merasa tersinggung bahkan marah bukan main kalau orang menghina yang dilakukan bahkan merendahkan martabatnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sekalipun harus terhina bahkan kehilangan martabat dirinya orang justru akan mengalami sentuhan damai sejahtera yang mengalir dari kekuatan gaib kedalaman batin karena penghinaan dan pemerosotan diri itu dijalani demi memperjuangan keselamatan orang lain. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung orang akan ikhlas merendahkan diri demi memperjuangkan yang papa dan menderita.
Ah, hanya yang tak punya martabat yang mau direndahkan.

0 comments:

Post a Comment