Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, August 14, 2015

Sabda Hidup


Sabtu, 15 Agustus 2015
Hari biasa
Sore : VIGILI hhr SP MARIA DIANGKAT KE SURGA
warna liturgi Hijau 
Bacaan
Yos. 24:14-29; Mzm. 16:1-2a,5,7-8,11; Mat. 19:13-15. BcO 2Raj. 13:10-25

Matius 19:13-15:
13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. 14 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga." 15 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

Renungan:
Suatu kali ada sekelompok anak TK bermain di halaman pastoran. Mereka berlari-larian sambil bermain dan berteriak-teriak. Lalu guru mengingatkan mereka supaya tidak ramai, bisa dimarahi rama. Kala itu memang Rama itu keluar dari kamarnya. Anak-anak itu lalu diam dan jadi takut. Ramanya mengambil bola mainan mereka lalu berteriak, "Ayoo main bola lagi." Anak-anak itu pun menyambut ajakan rama itu dan tidak ingat pesan dari gurunya lagi. Selepas anak-anak bermain lagi, rama itu omong kepada guru, "Jangan omong kayak gitu dengan anak-anak. Biarkanlah mereka menikmati dunianya."
Kadang ada orang yang merasa terganggu dengan kehadiran anak-anak, apalagi kala lagi istirahat. Namun anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka layak mendapatkan ruang dan waktu untuk mengekspresikan dirinya. Yesus yang lagi istirahat pun membiarkan anak-anak datang kepadaNya. "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga" (Mat 19:14).

Kontemplasi:
Bayangkan dirimu berada di keramaian anak-anak. Nikmatilah kebersamaan dengan mereka.

Refleksi:
Bagaimana menerima kehadiran anak-anak?


Doa:
Tuhan berkatilah anak-anak. Dekatkanlah mereka dengan diriMu.  Amin.

Perutusan:
Aku akan memberi ruang pada anak-anak untuk mendekati Tuhan. -nasp-

0 comments:

Post a Comment