Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, February 25, 2016

Kalau Tidak Ingin Ginjal Anda Rusak, Stop 4 Kebiasaan Buruk Ini!

diambil dari http://infokesehatan404.blogspot.co.id/2016/02lewat FB Ndut Bundha Antiq and Joanna Mary Vianney Raditawati Sabtu 21-2-2016

Info Kesehatan | Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat beracun, Ginjal juga memiliki banyak sekali fungsi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.


Karena fungsinya yang sangat penting tersebut, menjaga dan melindungi kesehatan ginjal menjadi sebuah keharusan. Oleh karena itu, pola hidup sehat dan makanan menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, kebiasaan sehari-hari juga bisa saja menjadi penyebab rusaknya organ ginjal. Sahabat Info Kesehatan, berikut ini adalah 4 kebiasaan yang sering tidak disadari menjadi penyebab buruknya kesehatan ginjal, bahkan bisa saja mengundang berbagai penyakit ginjal seperti Batu Ginjal dan Gagal Ginjal

1. Minuman Bersoda
    Minuman bersoda ternyata memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan Ginjal. Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian yang telah dilakukan pada 12.000 karyawan yang bekerja di Universitas Osaka di Jepang. Menurut data yang ditemukan, minum minuman bersoda dua gelas atau lebih dalam sehari dapat meningkatkan resiko terserang berbagai penyakit Ginjal. Pernyataan ini didukung oleh fakta ditemukannya kandungan protein yang tinggi dalam urin karyawan yang memiliki kebiasaan mengkomsumsi minuman bersoda setiap harinya. Adanya kandungan protein yang tinggi tersebut dianggap sebagai gejala awal terjadinya kerusakan pada ginjal, sebab hal ini telah menunjukan bahwa ginjal tidak mampu lagi menyerap mineral dan nutrisi secara maksimal.

2. Menahan Kencing dalam waktu yang lama
    Jika anda mendapat "perintah" untuk kencing, maka keluarkanlah segera. Walaupun memang, kondisi yang tidak mendukung bisa saja membuat kita tidak dapat langsung menuruti keinginan untuk buang air kecil atau kencing. 
Namun, Tahukah anda bahwa menahan-nahan atau menunda-nunda untuk buang air kecil ternyata memiliki dampak yang sangat serius pada kesehatan Ginjal. Ketika kita tiba-tiba muncul keinginan untuk buang air kecil, itu artinya bahwa kantung kemih telah penuh. Dan jika kita menahan-nahan untuk mengeluarkannya, maka hal ini akan membuat tekanan pada ginjal yang dapat menyebabkan inkontinensia atau disebut juga Gagal ginjal.

3. Kurang Minum Air
    Sudah diketahui banyak orang, bahwa kurang minum air dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Hal ini disebabkan karena ginjal memang sangat membutuhkan air dalam menjalankan fungsinya. Jika anda kekurangan air, maka racun dalam darah akan mulai terakumulasi karena kurangnya cairan dalam darah yang menghantarkan racun-racun tersebut melalui ginjal.

Lalu, seberapa banyak kita harus minum air setiap harinya?
National Kidney Foundation, merekomendasikan untuk meminum air sebanyak 10 hingga 12 gelas setiap harinya, anda juga dapat menyesuaikannya dengan aktivitas yang anda jalani. 
Salah satu gejala yang bisa anda gunakan untuk mengetahui apakah anda kurang meminum air adalah dengan melihat warna urin. Jika urin anda berwarna gelap, maka itu menunjukan bahwa anda kurang mengkonsumsi air putih.

4. Sering Begadang
    Terlalu sering begadang ternyata juga tidak baik bagi kesehatan Ginjal. Menurut Science Daily, ganguan kronis dalam tidur dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal anda. Menurut paparan Dr. Michael Sole, seorang ahli jantung dan Profesor Kedokteran dan Fisiologi di Universitas Toronto, mengatakan bahwa jaringan ginjal dapat diperpanjang selama malam (lebih tepatnya saat kita tertidur). Sehingga apabila anda terlalu sering begadang atau tidak tidur, maka kerusakan konstan dapat terjadi pada ginjal, bahkan bisa saja terjadi kerusakan langsung. 

Itulah 4 Kebiasaan yang menyebabkan kerusakan Ginjal yang harus anda hindari mulai hari ini. Kesehatan Ginjal maupun organ dalam lainnya sangat penting untuk anda perhatikan. Sebab, hidup sehat hari ini dan hari tua anda tergantung pada apa yang hari ini anda lakukan.

0 comments:

Post a Comment