Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, February 6, 2016

Stres pada Lanjut Usia

  diambil dari https://www.deherba.com


Setiap orang pasti pernah merasakan stres dengan penyebab yang beraneka ragam. Stres disebut normal apabila stres tidak sampai memengaruhi kehidupan seseorang secara signifikan.

Stres sebenarnya merupakan proses alamiah tubuh dalam merespon keadaan/lingkungan sekitar. Namun, stres patut menjadi perhatian serius ketika kehidupan seseorang terganggu seperti hilangnya nafsu makan, keadaan tubuh yang menggigil seperti orang kedinginan hebat, dan banyak lagi.
Stres merupakan kondisi ketegangan yang sangat memengaruhi tingkat emosi, proses pikiran, dan kondisi fisik seseorang. Dalam kondisi tertentu, stres malah bisa menimbulkan dampak negatif seperti tekanan darah tinggi, pusing, sedih, sulit berkonsentrasi, tidak bisa tidur seperti biasanya, terlampau sensitif, depresi, dan lainnya.

Jika sudah memengaruhi kehidupan seperti itu, maka harus segera dikonsultasikan dengan dokter atau psikiater. Dalam artikel kali ini yang akan lebih ditonjolkan ialah tingkat stres yang dialami oleh para lanjut usia (lansia) karena biasanya orang yang telah memasuki kelompok umur lansia sangat rentan terhadap stres.

Stres pada lansia

Gejala stres yang biasanya timbul pada para lansia juga tak main-main dampaknya seperti stroke, jantung koroner, darah tinggi, ketakutan yang berlebihan, menangis, daya ingat yang menurun tajam, mudah dipengaruhi oleh orang lain, dan bahkan bisa menarik dirinya dari pergaulan.

Kondisi stres pada para lansia tersebut bisa diartikan dengan kondisi yang tak seimbang, adanya tekanan atau gangguan yang tidak menyenangkan yang biasanya tercipta ketika lansia tersebut melihat ketidaksepadanan antara keadaan dan sistem sumber daya biologis, psikologis, dan juga sosial yang erat kaitannya dengan respon terhadap ancaman dan bahaya yang dihadapi pada lanjut usia.

Para lansia juga sangat rentan terhadap gangguan stres karena secara alamiah mereka telah mengalami penurunan kemampuan dalam mempertahankan hidup, menyesuaikan diri dengan lingkungannya, fungsi badan, dan kejiwaan secara alami. Banyak faktor yang memengaruhi keadaan stres pada lansia ini. Mari kita cermati satu per satu.

Kondisi Kesehatan Fisik

Para lansia secara alami akan mengalami perubahan struktur dan fisiologis seperti penurunan penglihatan, penurunan sistem pernapasan, penurunan tingkat pendengaran, dan juga penurunan pada persendian serta tulang.
Kondisi tersebut akan sangat berpengaruh pada ketahanan tubuh para lansia. Penurunan kondisi fisiologis akan membuat mereka membutuhkan bantuan orang lain sekalipun untuk menyelesaikan pekerjaan yang dulunya ia sanggup selesaikan sendiri.
Keadaan yang ia rasakan sebagai membebani orang lain itulah yang juga bisa menjadi sumber stres. Lansia yang sangat rentan terkena stres ialah lansia dengan penyakit degeneratif, lansia dengan keluhan somatik kronis, lansia dengan imobilisasi berkepanjangan serta lansia yang mengalami isolasi sosial.

Kondisi Psikologi

Dalam konteks ini, faktor non-fisik lebih berperan signifikan dalam memengaruhi tingkat stres pada lansia seperti sifat, kepribadian, cara pandang, dan juga tingkat pendidikannya.
Lansia yang senantiasa memiliki cara pandang positif disinyalir akan menyelesaikan masalah dengan pendekatan yang positif pula. Lansia yang selalu menyikapi masalah dengan positif, segala tekanan hidupnya akan dianggap kecil dan akhirnya bisa menekan stres.

Keluarga

Faktor keluarga juga sangat berperan besar dalam kejadian stres para lansia. Keadaan seperti adanya konflik internal keluarga atau merasa menjadi beban keluarga akan menjadi pemicu utama keadaan stres lansia. Sebenarnya, dukungan keluarga sangat berperan signifikan untuk menjauhkan stres pada lansia.

Lingkungan

Stres pada lansia juga bisa dipicu oleh adanya relasi sosial atau kondisi lingkungannya yang buruk. Kondisi lingkungan seperi macet, kepadatan, bising, dan kumuh bisa menjadi pemicu stres bagi para lansia.
Kondisi lingkungan yang buruk tersebut akan berdampak pada ketidaknyamanan hidupnya yang terakumulasi setiap hari sehingga lama-kelamaan bisa membuat dirinya stres.

Tips Mengatasi Stres Lansia

Kalau Anda atau ada keluarga yang telah lansia dan sedang mengalami stres maka lakukanlah hal berikut ini untuk meminimalisir bahkan membunuh stres tersebut.
  • Olahraga
    Berolahraga bukan hanya menyehatkan tubuh, namun juga sangat baik dan membantu untuk menghilangkan stres pada lansia. Berolahraga sangat bermanfaat untuk memobilisasi otot-otot, mempercepat aliran darah, dan membuka paru-paru untuk mengambil lebih banyak oksigen. Olahraga yang dimaksud tentu disesuaikan dengan kemampuan para lansia seperti jogging, jalan kaki, dan lainnya.
  • Minum air putih
    Bagi lansia yang stres sangat dianjurkan untuk banyak meminum air putih karena dengan banyak minum maka kondisi tubuh akan segar dan terhindar dari kehilangan cairan. Kondisi keletihan yang bisa memicu stres juga bisa diatasi dengan banyak minum air putih.
  • Hobi
    Untuk menghilangkan stres, para lansia juga bisa melakukan hobi seperti memancing, melukis, menulis, dan sebagainya. Melakukan hobi bisa mengingatkan pada kenangan indah di masa muda dulu sehingga sangat mujarab untuk mengobati stres.
  • Meditasi
    Banyak para pakar kesehatan yang menyatakan bahwa instrumen untuk menghilangkan stres ialah dengan banyak melakukan meditasi. Meditasi dimaksudkan untuk membersihkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Para lansia daripada banyak waktunya dihabiskan untuk bengong atau memikirkan hal-hal negatif lebih baik banyak bermeditasi, mendekatkan diri kepada Tuhan.
Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para lansia untuk menghindarkan dirinya dari stres. Proses penambahan usia merupakan proses alamiah yang tak mungkin bisa dihindari.

Namun, stres yang banyak menyerang para lansia bukan mustahil tak bisa dihindari karena sangat tergantung dari perilaku dan kebiasaan setiap orang.

Bagi Anda atau keluarga Anda yang telah menginjak lansia, melakukan tips-tips di atas untuk mencegah tingkat stres sangat dianjurkan sehingga berdampak pada kualitas hidup yang terjaga.

0 comments:

Post a Comment