Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, February 2, 2016

Lamunan Pekan Biasa IV

Rabu, 3 Januari 2016

Markus 6:1-6

6:1. Kemudian Yesus berangkat dari situ dan tiba di tempat asal-Nya, sedang murid-murid-Nya mengikuti Dia.
6:2 Pada hari Sabat Ia mulai mengajar di rumah ibadat dan jemaat yang besar takjub ketika mendengar Dia dan mereka berkata: "Dari mana diperoleh-Nya semuanya itu? Hikmat apa pulakah yang diberikan kepada-Nya? Dan mujizat-mujizat yang demikian bagaimanakah dapat diadakan oleh tangan-Nya?
6:3 Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.
6:4 Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."
6:5 Ia tidak dapat mengadakan satu mujizatpun di sana, kecuali menyembuhkan beberapa orang sakit dengan meletakkan tangan-Nya atas mereka.
6:6 Ia merasa heran atas ketidakpercayaan mereka. (6-6b) Lalu Yesus berjalan keliling dari desa ke desa sambil mengajar.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sebagai tokoh masyarakat orang akan mengandalkan dukungan utama datang dari orang-orang sekampung halaman. Orang-orang seasal akan ikut merasa bangga akan tokoh yang dikenal umum karena kampungnya pun ikut populer.
  • Tampaknya, orang-orang seasal dengan sang tokoh akan selalu mengiyakan apapun yang dikatakannya. Mereka akan membela mati-matian bila sang tokoh mendapatkan tantangan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa akrab berada di kedalaman batin orang akan siap mengalami penolakan dan ketidakpercayaan justru dari orang-orang yang mengenal dari dekat, yang kecewa karena keinginannya tak dipenuhi, sehingga tetap memiliki semangat juang demi kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan patah semangat dalam perjuangan kebaikan sekalipun tanpa dukungan.
Ah, bagi-bagi hadiah itu penting untuk dapat dukungan.

0 comments:

Post a Comment