Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, February 4, 2016

Resmi dan non Resmi


Hari ini Domus Pacis merayakan ultah imamat Romo Hantoro yang ke 43, Romo Bambang Sutrisno yang ke 35 dan Romo Suharto Widoso yang ke 32. Bagi Romo Bambang mulai tgl 30 Januari 2016 yang lalu resmi memasuki usia pensiun, meskipun sudah cukup lama tinggal di Domus Pacis.
Meskipun secara resmi belum pensiun namun Romo Bambang ambil masa pensiun lebih dini. Namun meskipun secara formal atau resmi telah ambil masa pensiun namun secara tidak resmi Romo Bambang masih berperan aktif khususnya sehubungan dengan masalah lansia dan Domus Pacis, lewat novena tiap minggu pertama mulai Maret sampai dengan November di Domus Pacis, lewat rekoleksi lansia di berbagai tempat, lewat tulisan-tulisannya di blog Domus Pacis, dsb. Singkatnya yang resmi belum tentu berfungsi efektif sebaliknya yang tidak resmi belum tentu tidak berfungsi efektif. Ada dua faktor kunci agar sesuatunya berfungsi efektif, yaitu faktor kemauan dan kemampuan. Meskipun ada jabatan resmi namun kalau tidak ada kemauan dan kemampuan, tidak akan efektif dan sebaliknya meskipun tidak ada jabatan resmi namun kalau ada kemauan dan kemampuan, akan bisa berfungsi efektif. Dengan demikian masuk rumah tua tidak menjadi halangan untuk masih berperan aktif dalam beberapa hal sesuai dengan bidang kemauan dan kemampuannya.

0 comments:

Post a Comment