Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, February 28, 2016

MURAH HATI DENGAN MASAKAN



Pada Senin 22 Februari 2016 Rm. Bambang harus menyelesaikan pengiriman jadual para anggota relawati-relawan masak sayur dan lauk untuk Komunitas Domus Pacis. Mas Abas sudah memfotocopy. Di sore hari sekitar jam 15.00 Rm. Bambang menstabilo nama-nama anggota per orang untuk per lembar. Setiap selesai satu kelompok koordinator, lembar-lembar sebanyak anggota per kelompok dimasukkan ke dalam amplop besar ditambah dengan lembar yang berisi tabel nama-nama 8 orang koordinator beserta anggotanya. Ada juga lembar jadual yang nama-namanya dicetak dengan latarbelakang warna kuning untuk yang sama koordinatornya. Dalam amplop besar juga disertakan amplop tanggung putih berisi uang sebesar Rp. 60.000 kali jumlah berapa kali masakan diberikan. Pada sekitar jam 18.00 amplop-amplop besar diberikan kepada Mbak Tari dan Mas Abas yang biasa membantu untuk mengirimkan ke para koordinator.

Dalam sejarah kehidupan Domus Pacis sejak tahun 2001, munculnya relawati-relawan masak baru dimulai pada September 2013. Sebelumnya Domus memiliki tukang masak khusus sampai dua kali. Tukang masak pertama bekerja sampai dengan 20 Mei 2012 dan diganti oleh tukang masuk kedua yang hanya dipakai selama 1 tahun. Pada waktu itu jatah uang makan Rp, 30.000 sekali makan untuk seluruh penghuni Domus. Pada bulan Juli dan Agustus pengurus rumah tangga memakai catering. Tetapi beaya catering, Rp. 6.500 per orang, oleh penanggungjawab rumah tangga dipandang melebihi budget. Sementara itu Rm. Agoeng dan Rm. Bambang berhasil membuat jaringan kerjasama dengan 8 orang ibu: Bu Ninik, Bu Rini, Bu Tatik, Bu Wulan Darsono, Bu Madi, Bu Riwi, Bu Vera dan Bu Mumun. Mereka menghimpun para warga Katolik lintas paroki yang bersedia menyediakan sayur dan lauk untuk para penghuni Domus Pacis dan mengantar sampai tempat. Dari September 2013 hingga November 2015 dana yang tersedia adalah Rp. 50.000 untuk sekali makan. Dan mulai dengan Desember 2015 hingga kini naik menjadi Rp. 60.000. Pada saat ini jatah uang itu untuk kepentingan makan 14 orang, yaitu para rama dan karyawan (termasuk 2 anak keluarga yang tinggal di kompleks Domus). Dengan demikian para rama Domus sadar bahwa para relawati-relawan tak hanya bermurah hati untuk menyediakan masakan tetapi juga bermurah hati menombok uang, karena pada umumnya masakan yang disedikan pasti membutuhkan beaya lebih dari Rp. 60.000. Apalagi pada saat kini makan sederhana 1 bungkus paling tidak membutuhkan uang Rp. 7.500. Padahal masakan yang sampai di Domus Pacis pada umumnya tampak lebih dari sederhana.

Untuk periode Maret-Agustus 2016 yang menjadi relawati-relawan masak untuk Domus Pacis ada 89 orang. Sejauh diketahui oleh Rm. Bambang mereka berasal dari Paroki Pringwulung, Paroki Minomartani, Paroki Medari, Paroki Kotabaru, Paroki Wedi, Paroki Bintaran, Paroki Klepu, Paroki Wedi, Paroki Kalasan, Paroki Pangkalan. Para relawati-relawan masak itu adalah:
  1. Kelompok Bu Ninik: Bu Saimin, Bu Watik, Bu Dety, Postulan CB, Bu Dwijo, Bu Malya, Bu Kustini, Bu Agus, Mas kus, Bu Kirno, Bu Ninik (2 kali), Bu Ade, Bu Naryo, Bu Kartini, Bu Anda Halim, Bu Lely, Bu I'in, Bu Harno, Bu Widi, Bu Rini, Bu Angelia, Bu Kus, dan Bu Yono Prakosa.
  2. Kelompok Bu Rini: Bu Bari, Bu Rini, Bu Ratih Wulandari, Bu Sudiyatmi, Bu Heri, Bu Handoko.
  3. Kelompok Bu Tatik: Bu Wardi, Bu Nia, Bu Titik Untung, Bu Laksono. Bu Tatik, Bu Iskak.
  4. Kelompok Bu Wulan: Bu Darsono, Bu Darno, Bu Yuli, Bu Dicky, Bu Jono, Bu Bambang R, Bu Sisil, Bu Gatot, Bu Winantono, Bu Paryono, Bu Issri, Bu Wahyono, Bu Ambar (2 kali), Bu Kartika, Bu Tiwi, Bu Titik, Bu Harjo.
  5. Kelompok Bu Madi: Bu Edi Kufla, Mas Unang, Bu Yucha, Bu Bambang A, Bu Gito, Bu Mardanu, Bu Hirjan, Bu Maryati, Bu Mega, Bu Munarto, Bu G Suharto, Bu Samto, Mbak Santi, Bu Jumadi, Bu Kusnanto, Bu P Suharto, Bu Kasbianto, Bu Mrihadi, Bu Jantoro, Bu Ratmi.
  6. Kelompok Bu Riwi: Bu Slamet, Bu Sri Muryati, Mu Sisworo, Bu Kundarto, Bu Riwi, Bu Didit (2 kali), Bu Haryono, Bu Donoroto, Bu Lina, Bu Sugino, Bu Tarmono.
  7. Kelompok Bu Vera: Bu Satmoko, Bu Willy (2 kali), Bu Vera.
  8. Kelompok Bu Mumun: Bu Setyo, Bu Mumun, Bu Rudi Prasetyo.

0 comments:

Post a Comment