Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, February 19, 2016

Lamunan Pekan Prapaskah II

Minggu, 21 Februari 2016

Lukas 9:28b-36

9:28b. Yesus membawa Petrus, Yohanes dan Yakobus, lalu naik ke atas gunung untuk berdoa.
9:29 Ketika Ia sedang berdoa, rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan.
9:30 Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia.
9:31 Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan dan berbicara tentang tujuan kepergian-Nya yang akan digenapi-Nya di Yerusalem.
9:32 Sementara itu Petrus dan teman-temannya telah tertidur dan ketika mereka terbangun mereka melihat Yesus dalam kemuliaan-Nya: dan kedua orang yang berdiri di dekat-Nya itu.
9:33 Dan ketika kedua orang itu hendak meninggalkan Yesus, Petrus berkata kepada-Nya: "Guru, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Baiklah kami dirikan sekarang tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Tetapi Petrus tidak tahu apa yang dikatakannya itu.
9:34 Sementara ia berkata demikian, datanglah awan menaungi mereka. Dan ketika mereka masuk ke dalam awan itu, takutlah mereka.
9:35 Maka terdengarlah suara dari dalam awan itu, yang berkata: "Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkanlah Dia."
9:36 Ketika suara itu terdengar, nampaklah Yesus tinggal seorang diri. Dan murid-murid itu merahasiakannya, dan pada masa itu mereka tidak menceriterakan kepada siapapun apa yang telah mereka lihat itu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, setiap orang memiliki rahasia dalam hidupnya. Sekalipun keterbukaan dipandang sebagai keluhuran hidup, tetapi dapat dipahami bila ada hal-hal yang tidak dapat diinformasikan ke orang lain.
  • Tampaknya, rahasia dalam hidup seseorang biasanya terkait pada hal-hal yang akan dapat merugikan diri pemilik rahasia. Dapat saja itu menyangkut kekurangan dan atau hal yang memalukan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang selalu mengikuti gaung di kedalaman batin pengalaman bersama orang yang memiliki kehebatan dan keluhuran hidup pun dapat menjadi rahasia dalam tempo tertentu untuk menjaga kesejatian yang bersangkutan agar tak terjadi kesalahpahaman di hadapan orang-orang lain sekalipun orang dekat tetapi tidak langsung menyaksikannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang dapat mengatur mana saja hal-hal yang dapat diceriterakan dan mana yang harus dirahasiakan sekalipun itu baik adanya.
Ah, yang namanya kebaikan yang harus dibuka.

0 comments:

Post a Comment