Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, February 5, 2016

Lamunan Pekan Biasa V

Minggu, 7 Februari 2016

Lukas 5:1-11

5:1. Pada suatu kali Yesus berdiri di pantai danau Genesaret, sedang orang banyak mengerumuni Dia hendak mendengarkan firman Allah.
5:2 Ia melihat dua perahu di tepi pantai. Nelayan-nelayannya telah turun dan sedang membasuh jalanya.
5:3 Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.
5:4 Setelah selesai berbicara, Ia berkata kepada Simon: "Bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkanlah jalamu untuk menangkap ikan."
5:5 Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."
5:6 Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.
5:7 Lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam.
5:8 Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa."
5:9 Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap;
5:10 demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia."
5:11 Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada keyakinan bahwa profesionalitas diperoleh dari studi. Sekalipun berbakat tetapi tanpa pendidikan sekolah, hal itu hanya akan menjadi kemampuan alami.
  • Tampaknya, kemampuan profesional akan membuat orang memiliki cakrawala luas. Orang dapat menjadi tempat bertanya yang dapat memberikan nasehat dan pertimbangan jitu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sehebat apapun bakat dimiliki dan seluas apapun pengetahuannya, bagi orang yang biasa bergaul dengan kedalaman batin hal itu pada suatu saat akan menemukan jalan buntu dan tak menghasilkan apapun kalau orang tidak bersedia mendalami lagi dengan tindakan alternatif di luar kebiasaan sekalipun bagi umum disebut ngawur. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang selalu siap melakukan kemungkinan lain dalam mengarungi pekerjaan hariannya
Ah, tindakan tak biasa untuk hal biasa itu ya ngawur dan berbahaya.

0 comments:

Post a Comment