Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, February 11, 2016

Lamunan Hari Sesudah Rabu Abu

Sabtu, 13 Februari 2016

Lukas 5:27-32

5:27. Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!"
5:28 Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia.
5:29 Dan Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Dia di rumahnya dan sejumlah besar pemungut cukai dan orang-orang lain turut makan bersama-sama dengan Dia.
5:30 Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: "Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"
5:31 Lalu jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit;
5:32 Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya orang tidak suka melihat orang lain berperilaku buruk bahkan jahat di mata masyarakat. Orang baik akan memiliki kepedulian mengajak yang buruk untuk berbalik berperilaku luhur.
  • Tampaknya, untuk mengajak berperilaku baik terhadap yang buruk, orang dapat memberikan nasehat dan atau pertimbangan. Pedoman-pedoman keluhuran hidup dapat disampaikan kepada si buruk.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sebaik dan seluhur apapun kata-kata atau pedoman-pedoman hidup untuk membuat orang berperilaku buruk berbalik jadi baik, bagi orang yang terbiasa hidup akrab bergaul dengan kedalaman batin itu semua dapat tidak memiliki makna apapun kalau tidak ada kesediaan menyertainya dengan masuk menerima dunia keburukannya tanpa ikut jadi baruk. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan bergaul dengan siapapun dengan sikap sedia lewat pola hidup orang yang dihadapinya.
Ah, bergaul baik dengan golongan hitam akan tertular kehitamannya dong.

0 comments:

Post a Comment