Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, February 21, 2016

Ternyata Ini Tips Agar Daya ingat Tetap Tajam Meski Di Usia 70 an, Lakukan Dari Sekarang !!!

diambil dari http://manfaatherbal88.blogspot.co.id/2016/02 lewat FB Ndut Bundha Antiq 17-2-2016
Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak - Apakah belakangan ini anda merasa mudah lupa? Misalnya saja anda sering merasa lupa menaruh kunci kendaraan anda, atau anda sering merasa lupa dengan apa yang baru saja anda bicarakan dengan teman, saudara atau anggota keluarga? Waspadalah, kemungkinan anda telah mengalami penurunan daya ingat otak anda!!!
Sering kali hal ini kita anggap sepele, tetapi jika kita simak tentunya terjadinya penurunan daya ingat pada otak ini dapat mempengaruhi pada performa diri kita. Terutama bagi anda yang bekerja di salah satu bidang yang memerlukan daya ingat cukup tinggi, pastinya gangguan ini akan sangat menghambat karir anda di dunia kerja yang sedang anda jalani.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak beberapa cara mengatasinya berikut ini.

1. Konsumsi lemak sehat
Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Journal of Alzheimer’s Research pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa seseorang yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dapat menurunkan tingkat resiko mengalami penurunan daya ingat sekitar 35% jika dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya.

Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak sehat terdiri dari :
  • Telur
  • Alpukat
  •  Ikan sarden
  •  Ikan salmon
  • Kacang-kacangan
  • Dll

2. Kurangi konsumsi gula dan tepung putih
Otak kita membutuhkan kadar insulin yang cukup untuk membantu proses penyimpanan ingatan. Apabila terdapat zat berbahaya yang dapat mengganggu produksi kadar insulin di dalam otak, maka daya ingat akan mengalami gangguan yang menyebbabkan terjadinya penurunan daya ingat.
Kadar insulin dalam otak kita ini akan dapat terganggu dengan beberapa jenis makanan yang kita konsumsi.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi stabilitas terhadap kadar insulin di dalam otak, diantaranya yaitu :
·        Konsumsi gula dan tepung putih
Gula dan tepung putih merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, kemudian makanan tersebut nantinya dapat terpecah menjadi kandungan gula sederhana pada saat memasuki proses pencernaan. Kadar gula sederhana tersebut nantinya dapat mempengaruhi kadar insulin yang terdapat pada otak, sehingga dapat menyebabkan terjadinya penurunan daya ingat.
·        Makanan yang mengandung lemak jenuh
Tidak jauh berbeda dengan kadar gula sederhana, makanan yang mengandung lemak jenuh juga menjadi faktor yang dapat mengganggu kadar insulin dalam otak dan dapat menyebabkan otak kita kesulitan untuk menyimpan ingatan.

3. Melakukan senam otak
Seperti hal hanya dengan otot pada tubuh kita, otak juga memerlukan latihan agar dapat berfungsi dengan baik. Anda dapat melatih kemampuan otak dengan cara melakukan senam otak, sehingga daya ingat pada otak kita akan semakin kuat.
Menurut dari hasil penelitian yang telah di publikasikan oleh Journal Neurologi pada tahun 2013 mengungkapkan jika dilakukan aktivitas yang dapat menstimulasi organ otak seperti hal nya dengan rajin membaca dan juga menulis ternyata dapat membantu mempertajam daya ingat otak kita. Namun sebaliknya jika jarang dilatih, maka kemampuan otak kita semakin lama akan mengalami penurunan daya ingat.

4. Aktif dalam bersosialisasi
Aktif dalam bersosialisasi dengan banyak orang dapat membuat otak anda terlatih dan kemampuannya akan semakin meningkat, sehingga pada saat anda memasuki masa tua resiko penurunan daya ingat akan semakin rendah.  Pada saat kita sering bersosialisasi dengan banyak orang mengenai berbagai kegiatan kita, maka otak kita akan dapat berkerja dengan sangat aktif. Berikut ini merupakan beberapa kegiatan yang dapat membuat otak kita aktif dan terlatih, diantaranya yaitu :
  • Sering melakukan komunikasi dengan banyak orang
  • Sering mencari dan merencanakan ide yang kreatif
  • Menanggapi berbagai komentar
  • Sering merangkai dan menulis/mengetik kalimat untuk dikomunikasikan kepada banyak orang dan lain sebagainya.
Dari berbagai kegiatan diatas, maka otak anda akan semakin aktif dan terlatih, sehingga dapat menurunkan tingkat resiko mengalami penurunan daya ingat dimasa mendatang. Selain itu, sering dan pandai bersosialisasi dengan banyak orang juga akan sangat bermanfaat bagi anda untuk menambah pengalaman dan pengetahuan anda sendiri.

5. Tidur cukup dan teratur
Tidak hanya tubuh, ternyata otak juga memerlukan istirahat yang cukup agar otak tidak mengalami kelelahan yang dapat menyebabkan stress. Untuk mencegah otak kita mengalami kelelahan, sebaiknya istirahatkan otak kita dengan cara tidur yang cukup dan teratur. Jika tubuh kita sering mengalami kurang tidur, maka dapat menyebabkan timbulnya perasaan depresi dan juga stres yang berujung pada penurunan performa otak kita.  

6. Masak makanan dengan suhu yang rendah
Apabila anda akan memasak makanan, sebaiknya masaklah dengan menggunakan suhu yang rendah. Hal ini dikarenakan, jika memasak dengan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kandungan nutrisi bahan kimia toksis yang terdapat pada makanan akan hilang dan berubah. Pada bahan kimia toksis yang terkadung di dalam makanan dapat berdampak pada penurunan kinerja otak dan bahkan dapat memicu resiko terkena penyakit Alzheimer atau lebih dikenal dengan pikun.

Menurut sebuah informasi yang dilansir oleh Proceedings Of The National Academy of Sciences menjelaskan bahwa untuk menjaga makanan anda tetap aman, sebaiknya anda tidak membakar atau menggoreng makanan terlalu lama. Karena hal ini dapat merusak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak kita.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai cara meningkatkan ketajaman otak yang dapat saya sampaikan kepada anda semua. Semoga sedikit informasi diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan, sampai jumpa.

0 comments:

Post a Comment