Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, October 21, 2016

Lamunan Pekan Biasa XXX

Minggu, 23 Oktober 2016

Lukas 18:9-14

18:9. Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain, Yesus mengatakan perumpamaan ini:
18:10 "Ada dua orang pergi ke Bait Allah untuk berdoa; yang seorang adalah Farisi dan yang lain pemungut cukai.
18:11 Orang Farisi itu berdiri dan berdoa dalam hatinya begini: Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain, bukan perampok, bukan orang lalim, bukan pezinah dan bukan juga seperti pemungut cukai ini;
18:12 aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku.
18:13 Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.
18:14 Aku berkata kepadamu: Orang ini pulang ke rumahnya sebagai orang yang dibenarkan Allah dan orang lain itu tidak. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada anggapan bahwa dengan beragama orang akan menjadi suci. Agama menyediakan berbagai pemahaman dan pegangan untuk mencapai kesucian.
  • Tampaknya, ada anggapan bahwa dengan pemahaman dan pegangan keagamaan orang dapat berjuang memperoleh kesucian. Orang dapat menata perilakunya untuk menjalani yang diajarkan dan yang diatur dalam agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, setekun dan sesetia apapun orang berjuang untuk bertindak menjalankan berbagai pegangan hidup baik dan benar, kesucian yang membuat baik dan benar tidak terutama dilandaskan pada upaya manusia tetapi terutama didasarkan pada sikap mau merendahkan dan menggantungkan diri jadi abdi nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa segala tindakan baik dan benar adalah buah sikap terbuka dan taat pada yang bertahta di kedalaman batin.
Ah, taat pada agama ya pasti suci.

0 comments:

Post a Comment