Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, October 31, 2016

Sabda Hidup



Rabu, 02 November 2016
PERINGATAN MULIA
ARWAH SEMUA ORANG BERIMAN
warna liturgi Ungu/Hitam 
Bacaan
2Mak. 12:43-46; Mzm. 130:1-2,3-4,5-6a,6-7,8; 1Kor. 15:12-34; Yoh. 6:37-40. BcO Yer. 29:1-14

Yohanes 6:37-40:
37 Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang. 38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku. 39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman. 40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

Renungan:
Pada saat akan mengalami kematian seseorang bisa saja merasakan jalan yang hendak dilewati terasa gelap. Ia tidak bisa melihat arah dengan baik di kegelapan tersebut. Pada masa seperti itu orang butuh penuntun yang menolongnya untuk menemukan cahaya. Doa-doa orang di sekitarnya akan membantunya. Demikian juga bisa dialami oleh mereka yang telah meninggal. Mereka juga membutuhkan tuntunan dan pertolongan dengan doa-doa kita.
Doa-doa apa yang bisa kita lambungkan? Ada banyak doa yang bisa kita lambungkan. Namun rasanya kita mesti datang kepada Tuhan Yesus dan memohon kemurahan hati-Nya. Setiap orang yang datang kepada-Nya tidak akan ditolak. "Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang" (Yoh 6:37).
Hari ini menjadi kesempatan bagi kita untuk berdoa bagi saudara-saudari kita yang telah meninggal. Kita percayakan mereka ke hadapan Tuhan yang tak pernah membuang mereka yang datang kepada-Nya. Kita pun percaya Tuhan akan membebaskan semua orang dari kegelapan menuju jalan terang-Nya.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu sejenak. Hadirkan wajah saudara-saudarimu yang telah meninggal. Doakanlah mereka.

Refleksi:
Tulislah nama-nama saudaramu yang telah meninggal dan doakanlah mereka.

Doa:
Tuhan ampunilah dosa saudara-saudariku yang telah meninggal. Perkenankan mereka masuk dalam rengkuhan komunitas suci-Mu. Amin.

Perutusan:
Aku akan mendoakan saudara-saudariku yang telah meninggal dunia. -nasp-

0 comments:

Post a Comment