Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 4, 2016

Sabda Hidup


Rabu, 05 Oktober 2016
Hari biasa
warna liturgi Hijau 
Bacaan
Gal. 2:1-2,7-14; Mzm. 117:1,2; Luk. 11:1-4. BcO Sir. 3:17-4:10

Lukas 11:1-4: 
1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." 2 Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. 3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya 4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

Renungan:
Suatu kali seorang anak kecil melihat neneknya lagi duduk, diam tak berbicara. Dia pun bertanya kepada orang tuanya, "Nenek kok diam saja. Dipanggil tidak menjawab?" "Ooo nenek lagi berdoa, nanti kalau sudah selesai berdoa nenek pasti menjawab," kata orang tuanya. "Berdoa itu apa?" tanya si anak. Kiranya saat seperti itu menjadi kesempatan bagi orang tua untuk mendidik anaknya untuk berdoa.
Yesus pun mendapat permohonan dari murid-Nya untuk diajari berdoa. Yesus tidak memandang remeh permohonan murid-Nya tersebut. Ia pun mengajarinya berdoa. Doa yang diajarkan Tuhan pun mengena dan menjadi doa kita sampai sekarang: doa Bapa Kami.
Mungkin kita pun akan mendapatkan pengalaman yang sama. Orang minta diberi pengertian tentang doa dan bagaimana berdoa. Hal itu akan mudah kita sampaikan kalau kita sendiri mempunyai kebiasaan berdoa. Yesus pun mempunyai kebiasaan berdoa. Maka rasanya marilah kita juga menjadikan doa sebagai kebiasaan hidup kita.

Kontemplasi:
Bayangkan ada orang datang kepadamu dan minta diberi penjelasan tentang doa dan bagaimana cara berdoa.

Refleksi:
Apakah doa sudah menjadi kebiasaan hidupmu?

Doa:
Tuhan, terpujilah Engkau di surga. Hadirlah di antara kami. Berilah kami rejeki dan ampunilah kesalahan kami. Bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

Perutusan:
Aku akan membiasakan diri untuk berdoa. -nasp-

0 comments:

Post a Comment