Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, October 30, 2016

Lamunan Pekan Biasa XXXI

Senin, 31 Oktober 2016

Lukas 14:12-14

14:12 Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang Dia: "Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya.
14:13 Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta.
14:14 Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang akan merasa bahagia kalau kebaikannya mendapatkan balasan. Orang yang pernah mendapatkan kebaikan memberikan perlakuan yang sama ketika dia membutuhkan hal yang sama.
  • Tampaknya, di bawah sadar memang ada sikap naluriah “aku memberi agar engkau juga memberi” yang dapat menjangkiti banyak orang. Apalagi dorongan untuk saling berbalas kebaikan dapat dianggap sebagai keutamaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, tindakan kebaikan yang sungguh menghadirkan kebahagiaan adalah kalau hal itu diberikan kepada yang tak memiliki daya untuk membalas kebaikannya sehingga perbuatan baiknya berbobot adikodrati karena menjadi kepolosan sikap yang bebas dari nafsu pamrih pembalasan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati dalam berbuat baik orang hanya memikirkan kebutuhan orang lain.
Ah, pada jaman kini segalanya harus transaksional.

0 comments:

Post a Comment