Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, October 11, 2016

Sabda Hidup


Rabu, 12 Oktober 2016
Hari biasa
warna liturgi Hijau 
Bacaan
Gal. 5:18-25; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 11:42-46. BcO Sir. 15:11-20

Lukas 11:42-46: 
42 Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. 43 Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. 44 Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya." 45 Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga." 46 Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

Renungan:
Dalam menjalankan kebijakan kita memang perlu memilih prioritas yang perlu kita kerjakan. Pilihan program itu menjadi fokus kita dalam bekerja. Tapi kita pun perlu selalu waspada. Di luar prioritas program kita ada banyak hal yang tetap harus dikerjakan. Kita tidak bisa hanya mengerjakan yang menjadi prioritas kta dan mengabaikan yang mesti tetap berjalan walau bukan prioritas.
Yesus bersabda, "Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan" (Luk 11:42). Memang membayar persepuluhan adalah kewajiban yang mesti dilakukan orang Farisi. Namun demikian mereka tidak bisa mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Orang Farisi melakukan persepuluhan tetapi mereka mengabaikan keadilan dan kasih Allah.
Banyak hal yang rutin mesti kita kerjakan walau itu bukan prioritas. Keberlangsungan yang rutin akan mendukung keberhasilan pencapaian prioritas. Maka rasanya kita pun boleh memilih prioritas program hidup kita namun kita tidak bisa mengabaikan yang lain. Sinergi atas semua itu akan menghantar pencapaian kita.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu sejenak. Lihatlah bagaimana anda menjalankan hidupmu. Lihatlah keselarasan antara yang prioritas dan yang rutin.

Refleksi:
Bagaimana melakukan sesuatu tanpa mengabaikan yang lain?

Doa:
Tuhan semoga kala mengejar sesuatu aku tidak mengabaikan yang lain. Semoga aku menemukan cara untuk mensinergikan langkah hidupku. Amin.

Perutusan:
Aku akan terus belajar kala melakukan sesuatu tidak mengabaikan yang lain. -nasp-

0 comments:

Post a Comment