Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, January 24, 2017

Kasih Umat Lewat Kalender


Kehidupan para rama Domus Pacis banyak ditopang oleh berbagai pihak yang mengulurkan bantuan kasih baik berupa tenaga, pertimbangan, dan harta. Dalam hal keuangan, Komunitas Rama Domus Pacis juga memiliki kas tersendiri. Hal ini untuk kepentingan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kebersamaan internal para rama, pelayanan-pelayanan pastoral inisiatif rama Domus, dan momen-momen yang juga dipakai untuk menjaga hubungan dengan keluarga, umat Lingkungan dan jaringan para relawan. Berkaitan hubungan dengan para relawan ada dua macam yang dibuat: 1) Mengundang kehadiran mereka dalam perayaan ulang tahun imamat yang hingga kini terjadi 4 kali dalam setahun (Januari, Juli, Agustus dan Desember); 2) Sapaan Natal pada bulan Desember. Dalam hal Sapaan Natal, Komunitas Rama Domus mengirimkan sebuah bentuk kenangan seperti kartu, buku, dan kalender. Untuk Natal 2016 para rama Domus secara khusus membuat sendiri Kalender Domus Pacis 2017 yang bergambar 6 orang rama yang biasa makan bersama.

Dalam hal pembuatan Kalender Domus Pacis 2017, pada mulanya Domus hanya akan mencetak 200 eksemplar untuk dibagikan pada para relawan dan jaringan lainnya. Akan tetapi yang terjadi jumlahnya menjadi 1000 eksemplar. Sebenarnya rencana pembuatan kalender ini hampir gagal karena sulit mencari percetakan yang mau menyelesaikan pada tanggal 23 Desember 2017. Beaya yang dikeluarkan adalah Rp. 9.764.000,00. Hal ini disebabkan oleh kenyataan materi yang akan dicetak baru selesai pada tanggal 13 Desember. Tetapi akhirnya ada percetakan yang menyanggupi dan ternyata dapat selesai pada tanggal 21 Desember. Rm. Bambang langsung membagikan sejumlah 91 eksemplar untuk para relawan masak lewat 8 orang ibu yang menjadi koordinator. Semua rama dan karyawan Domus juga mendapatkan pembagian. Beberapa orang yang selalu siap membantu Domusjuga termasuk yang mendapatkannya.

Untuk jumlah besar lainnya, Komunitas Rama Domus Pacis memanfaatkan untuk menambah kas keuangan komunitas. Rm. Bambang menginformasikan kepada umat yang dijumpai dan orang-orang yang membantu bahwa kalender ini untuk membantu dana bagi Domus Pacis. Untuk 1 eks kalender diharapkan memberi dana paling tidak sebesar Rp. 15.000,00. Ternyata sambutan umat sungguh besar sehingga amat banyak yang tak mendapatkan kalender dan tak sampai 2 minggu Rm. Bambang hanya mendapatkan sisa 3 eksemplar untuk disimpan sebagai arsip. Dari perhitungan ada 823 eksemplar tercatat dengan setoran uangnya. Sebenarnya kalau dihitung per eksemplar Rp.15.000,00, maka uang yang masuk adalah Rp. 12.345.000,00. Tetapi ternyata Rm. Bambang mendapatkan setoran uang sebesar Rp. 15.454.000,00. Dari sini rama-rama Domus Pacis mendapatkan kelebihan kasih berupa uang Rp. 3.109.000,00. Dan secara keseluruhan hingga berita ini ditulis, kalau dihitung dari beaya pembuatan, kasih umat yang diterima oleh Komunitas Rama Domus ada sebesar Rp. 5.690.000,00.

Semua itu terjadi karena selain Rm. Agoeng dan Rm. Bambang yang mensosialisasikan, ada beberapa orang dekat Domus yang ikut berjuang membantu dalam tempo yang tidak leluasa. Sejauh tercatat hingga 24 Januari 2017, mereka adalah sdr. Eman dan beberapa warga dari Paroki Karanganyar, suami-istri Handoko dari Paroki Pringwulung, Ibu Ratmi Madi dari Paroki Pringwulung, Pak Joko dari Paroki Gamping, dan Ibu Rini dari Paroki Medari. Sebenarnya pasti ada sosok-sosok lain yang ikut membantu tetapi lepas dari pengetahuan rama Domus. Di sini rama Domus hanya mampu bersyukur kepada Allah dalam Kristus karena sebagai imam-imam yang sudah mengalami keterbatasan fisik boleh mengalami kasih berlimpah dari umat.

0 comments:

Post a Comment