Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, January 4, 2017

Sudah Pelantikan Prematur


Rm. Bambang sedang menghadapi laptop pada Rabu 4 Januari 2017 sekitar jam 10.00 ketika Rm. Hadi masuk kamarnya. Suasana ceria muncul ketika Rm. Bambang bilang "Wela, sugeng rawuh" (Selamat datang) dan Rm. Hadi mengulurkan tangan untuk menyalami. Rm. Bambang menyambut uluran itu untuk berjabat tangan. Saat Rm. Bambang mencium jari-jari yang digenggamnya, Rm. Hardi berkata "Ngapa iki?" (Mengapa demikian) yang disahut oleh Rm. Bambang "Lho, kowe kan pimpinanku" (Lho, kamu kan menjadi pimpinanku). Ledakan tawa pun terjadi. "Aku karo Rm. Gito. Kae lagi karo Rm.Yadi" (Aku bersama dengan Rm. Gito yang sekarang sedang omong-omong dengan Rm. Yadi) kata Rm. Hadi yang disambung oleh Rm. Bambang "Nek ngono yo ngombe-ngombe neng kamar makan" (Kalau begitu mari kita minum di kamar makan). Sementara itu Rm. Bambang mengambil beberapa hal yang ada dalam satu tas bingkisan dari Lingkungan Faustina, Paroki Karangpanas. Ketika itu Rm. Gito sudah dihitung sebagai anggota Komunitas Rama Domus Pacis.

Rm. Hadi dan Rm. Bambang menghampiri Rm. Gito yang sedang bercakap-cakap dengan Rm. Yadi. "Bas, tulung potretke" (Abas, tolong ambilkan gambar dengan kamera) kata Rm. Bambang menyerahkan kamera kecilnya ke Mas Abas, karyawan Domus. Rm. Hadi mengatur adegan lucu seakan-akan Rm. Bambang menyerahkan tas bingkisan ke Rm. Gito disaksikan oleh beliau dan Rm. Yadi termasuk Pak Tukiran yang kebetulan lewat. Kemudian mereka menuju kamar makan. Ketika Rm. Agoeng masuk lewat pintu belakang akan menuju kamarnya, Rm. Bambang berseru "Rama, mriki. Pimpinan rawuh" (Rama, mari ke sini bergabung. Pimpinan datang). Rm. Agoeng pun ikut masuk dan kemudian ramai berbicara terutama tentang mutasi para rama yang baru saja terjadi. "Aku wis dilantik prematur neng Pringwulung" (Aku sudah menerima pelantikan secara prematur di Pringwulung) kata Rm. Hadi yang disahut oleh Rm. Agoeng "Maksude piye" (Itu itu artinya). "Dhek tanggal siji ana pelantikan Dewan Paroki lan aku katut diundang lan dilantik. Kamangka SK pindahku tanggal lima" (Pada tanggal 1 Januari ada pelantikan Dewan Paroki dan saya juga diundang serta ikut dilantik. Padahal di dalam Surat Keputusan aku pindah pada tanggal 5 Januari). Rm. Yadi, Rm. Harto, Rm. Gito, Rm. Agoeng dan Rm. Bambang tertawa. Rm. Hadi, yang diangkat jadi Pastor Pringwulung, juga mendapatkan SK Keuskupan untuk menjadi Minister dua rumah tua, Wisma Domus Pacis Puren dan Wisma Petrus Kentungan.

0 comments:

Post a Comment