Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, January 27, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Tomas Aquino, Imam dan Pujangga Gereja
Sabtu, 28 Januari 2016

Markus  4:35-41

4:35. Pada hari itu, waktu hari sudah petang, Yesus berkata kepada mereka: "Marilah kita bertolak ke seberang."
4:36 Mereka meninggalkan orang banyak itu lalu bertolak dan membawa Yesus beserta dengan mereka dalam perahu di mana Yesus telah duduk dan perahu-perahu lain juga menyertai Dia.
4:37 Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air.
4:38 Pada waktu itu Yesus sedang tidur di buritan di sebuah tilam. Maka murid-murid-Nya membangunkan Dia dan berkata kepada-Nya: "Guru, Engkau tidak perduli kalau kita binasa?"
4:39 Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.
4:40 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"
4:41 Mereka menjadi sangat takut dan berkata seorang kepada yang lain: "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang sungguh berilmu karena kecendekiawanannya diakui oleh umum. Dia menjadi tempat belajar bagi banyak orang.
  • Tampaknya, kecendekiawanan seseorang terjadi karena dia selalu memperdalam ilmunya. Makin mendalam spesialisasi seseorang, hal ini akan membuat yang bersangkutan makin menukik ke relung pengetahuannya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, kalau sungguh berilmu bahkan mendapat julukan pujangga karena kecendekiawanannya, orang akan makin banyak belajar dan menghargai ilmu lain dari orang-orang yang berseberangan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan berkutat dalam kesuksesan kerja tetapi akan selalu menjelajah ke tantangan-tantangan baru.
Ah, orang yang hebat akan didatangi banyak orang dan tak perlu bersusah payah mendatangi orang-orang lain.

0 comments:

Post a Comment