Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, January 2, 2017

Sabda Hidup


Selasa, 03 Januari 2017
Fulgensius, Kuriakos Elias Chavara
warna liturgi Putih 
Bacaan
1Yoh. 2:29 - 3:6; Mzm. 98:1,3cd-4,5-6; Yoh. 1:29-34. BcO Kol 3:5-16

Yohanes 1:29-34:
29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. 30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku. 31 Dan aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel." 32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya. 33 Dan akupun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. 34 Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah."

Renungan:
Banyak orang sering bertanya di mana Tuhan hadir dalam hidupku? Memang orang sering mengalami kesulitan untuk mengenali kehadiran Tuhan, walau sebenarnya Ia selalu hadir di dalam hidup kita. Ketidakmampuan kita mengenali kehadiran-Nya bisa dikarenakan kita merasa cukup dengan kemampuan kita, atau kita tidak merasakan bantuan-Nya atau karena hal yang lainnya.
Yohanes sendiri pernah mengatakan, "aku sendiripun mula-mula tidak mengenal Dia, tetapi untuk itulah aku datang dan membaptis dengan air, supaya Ia dinyatakan kepada Israel" (Yoh 1:31). Awal mula ia tidak mengenal Tuhan yang telah hadir di dekatnya. Namun kemudian ia mengenal-Nya dan menyatakan kehadiran-Nya kepada Israel dengan menjalankan baptisan.
Yohanes membantu banyak orang untuk mengenali kehadiran Tuhan. Mungkin di antara ada kita yang gampang merasakan kehadiran Tuhan dalam hidupnya dan mungkin ada yang sulit merasakannya. Maka mari kita yang gampang mengenali kehadiran Tuhan dalam hidup kita membantu mereka yang masih kesulitan mengenali agar mereka tahu Tuhan berkarya di dalam hidupnya.

Kontemplasi:
Duduklah dengan tenang. Pejamkan matamu. Bayangkan perjalananmu selama sehari. Temukan penyertaan Tuhan selama sehari itu.

Refleksi:
Bagaimana merasakan kehadiran Tuhan dalam perjalanan hidupku?

Doa:
Tuhan ampunilah aku yang sering tidak mengenali kehadiran-Mu. Aku percaya akan penyertaan-Mu. Semoga aku gampang mengenali peran-Mu dalam hidupku. Amin.

Perutusan:
Aku akan mengenali kehadiran Tuhan dalam perjalanan hidupku. -nasp-

0 comments:

Post a Comment