Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, January 21, 2017

Lamunan Pekan Biasa III

Minggu, 22 Januari 2017

Matius 4:12-17

4:12. Tetapi waktu Yesus mendengar, bahwa Yohanes telah ditangkap, menyingkirlah Ia ke Galilea.
4:13 Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali,
4:14 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
4:15 "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain, -4:16 bangsa yang diam dalam kegelapan, telah melihat Terang yang besar dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut, telah terbit Terang."
4:17 Sejak waktu itulah Yesus memberitakan: "Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, daerah yang banyak dihuni oleh orang-orang amoral akan disingkiri oleh orang baik-baik. Bahkan orang baik-baik akan takut berkenalan dengan mereka.
  • Tampaknya, orang baik-baik akan menjaga diri dengan bergaul dengan orang-orang yang tak dicap buruk. Masyarakat umum memang dapat mencap buruk yang bergaul akrab dengan kaum amoral sekalipun dia orang baik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, orang yang sungguh baik tidak akan menyingkiri orang-orang yang dicap jahat oleh masyarakat umum karena disitu kebaikan sejati tidak akan luntur bahkan akan menjadi daya besar bagi benderangnya nurani orang-orang itu. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjadi pengobar api nurani terutama bagi orang-orang yang terlena oleh selera diri.
Ah, kalau sungguh baik orang tak akan bersentuhan dengan kaum jahat.

0 comments:

Post a Comment