Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, January 7, 2017

Lamunan Pesta

Pembaptisan Tuhan
Senin, 9 Januari 2017

Matius 3:13-17

3:13. Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.
3:14 Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"
3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: "Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah." Dan Yohanespun menuruti-Nya.
3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, dalam hidup keagamaan yang kudus akan berada di tempat khusus. Kekudusan berada berpisah dari yang umum yang bercampur dengan pengaruh-pengaruh buruk bahkan jahat.
  • Tampaknya, dalam hidup keagamaan ada anggapan orang yang berjuang untuk hidup kudus harus menjaga jarak dari segala yang buruk bahkan jahat. Dia akan berada dalam lingkungan orang-orang baik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, kalau orang hanya terbuka bergaul dengan kalangan orang-orang baik hal ini belum membuatnya sungguh kudus bahkan hidup layak pun belum karena kekudusan sejati membuat orang makin menjalani kehendak cahaya kalbu yang mendorong hidup berbelarasa dan terbuka berada dengan siapapun termasuk kaum buruk. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan hidup terbuka dengan berbagai macam orang dengan pola dan kebiasaan hidupnya sehingga membuat siapapun tersentuh pada cahaya kalbu.
Ah, bagaimanapun juga Tuhan membenci orang-orang buruk apalagi yang jahat.

0 comments:

Post a Comment