Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, January 19, 2017

Lamunan Pekan Biasa II

Jumat, 20 Januari 2017

Markus 3:13-19

3:13. Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya.
3:14 Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil
3:15 dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan.
3:16 Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus,
3:17 Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh,
3:18 selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot,
3:19 dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di masa lampau ada gambaran bahwa orang mampu menduduki kursi kekuasaan karena anugerah ilahi. Kekuasaan adalah hasil orang berprihatin misalnya dengan bertapa.
  • Tampaknya, di era demokrasi pun orang yang terpilih dalam pemilihan umum juga disebut mendapatkan amanah ilahi. Semua dilandaskan pada keyakinan bahwa suara rakyat adalah suara ilahi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, setinggi apapun kedudukan dan sebesar apapun kewenangan seseorang, dia sungguh menghayati kekuasaan sejati apabila dalam menjalaninya bersikap dan bertindak partisipatif sehingga melibatkan banyak orang lain dalam nuansa kerjasama. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati setiap kewenangan sebagai bagian partisipatif karya bersama.
Ah, semua posisi dan kewenangan adalah untuk mencari nafkah.

0 comments:

Post a Comment